081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

MTQ momentum tingkatkan kualitas moral

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonogiri – Kegiatan MTQ jangan hanya di lihat sebagai kegiatan rutinitas seremonial semata tetapi harus mampu menjadi momentum strategis mewarnai pelaksanaan pembangunan dan perilaku / budi pekerti kehidupan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan nilai-nilai Qur’ani.

Penyelenggaraan MTQ senantiasa diarahkan pada upaya menumbuhkan kecintaan dan menggairahkan masyarakat untuk senantiasa mempelajari dan memahami Al Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman hidup paripurna umat manusia. Kegiatan musabaqah ini dapat menjadi tolak ukur dinamika aktifitas pembinaan seni baca Al Qur’an yang berlangsung.

Selain sebagai ajang perlombaan atau penjaringan qori-qoriah yang handal, kegiatan rutin Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) di Kabupaten Wonogiri seharusnya bisa menjadi momentun peningkatkan kualitas moral masyarakat, lantunan ayat-ayat suci Al Qur’an yang di kumandangkan mengandung makna kebaikan bagi masyarakat, selain peserta ada aspek yang sangat menentukan suksesnya MTQ yaitu Dewan Hakim, mereka dituntut bisa adil dan transparan dalam memberikan penilaian kepada peserta jangan sampai tidak adil karena yang dipertandingkan adalah bacaan ayat-ayat suci Al Qur’an.

Demikian di sampaikan Ka. Subbag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri Dra. Hj. Fatonah dalam acara rapat dewan hakim Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) pelajar dan umum tingkat Kabupaten Wonogiri tahun 2015 di ruang pertemuan Kankemenag Wonogiri, Selasa (19/05) yang di ikuti 45 orang calon dewan hakim MTQ.

“Untuk semua para calon dewan hakim untuk menekankan sportif dan objektif dalam memberikan penilaian mengingat yang di nilai adalah adalah bacaan kalam Ilahi”, pesannya.

Diharapkan bacaan Al Qur’an bisa menjadi penyejuk hati dan berpengaruh terhadap kualitas akhlak/budi pekerti keseharian masyarakat atau dengan kata lain mampu membumikan Al Quran di kota gaplek.

Fatonah menambahkan bahwa MTQ merupakan kegiatan yang telah mentradisi dan melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa kita. Kehadiran MTQ senantiasa memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam kehidupan masyarakat, mengingat even keagamaan ini selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah.

Sesuai rencana MTQ Pelajar dan Umum Tingkat Kabupaten Wonogiri tahun 2015 akan di laksanakan kamis 11 Juni 2015 bertempat di Rumah Dinas Bupati Wonogiri dan sekitarnya di ikuti 25 kafilah / kecamatan dengan di awali pawai ta’aruf.

Adapun cabang MTQ akan memperlombakan Tartil TK/BA/RA, Tartil SD/MI, Tartil SMP/MTs, Tartil SMA/SMK/MA, Tilawah SD/MI, Tilawah SMP/MTs, Tilawah SMA/SMK/MA, Tilawah Anak, Tilawah Remaja, Tilawah Dewasa Tilawah dan Tahfidz 1-5 juz SMP dan SMA. (Mursid & Heri)