081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Kemah Bakti MAN Temanggung Latih Kepekaan Sosial Siswa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung  – MAN Temanggung menggelar Kemah Bhakti Pramuka yang diikuti sebanyak 423 siswa di Lapangan Desa Pendowo Kranggan, Kamis-Sabtu, (14-16/09). Kegiatan kemah bhakti pramuka ini diisi dengan kegiatan lomba-lomba antar siswa dan bakti sosial berupa penyerahan 70 paket sembako kepada warga yang kurang mampu.

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemandirian dan kepekaan siswa terhadap lingkungan dan sosial. Selain itu, untuk lebih mendekatkan siswa dengan masyarakat sekitar serta membangun silaturahim yang baik antar siswa dan lembaga dan sekolah, dikatakan oleh Kepala MAN Temanggung, Ali Masyhar pada saat pembukaan.

Ali Masyhar dalam sambutan upacara pembukaan mengatakan, gerakan pramuka sekarang dituntut lebih kreatif dan harus mampu masuk ke seluruh lapisan masyarakat, sehingga pramuka tidak dipandang sebelah mata. “Pramuka adalah wadah yang tepat untuk memberi contoh yang baik bagi masyarakat dan generasi muda agar tidak tergerus oleh perkembangan jaman yang semakin merajalela,” ungkapnya. Upacara pembukaan juga dihadiri pembina pramuka, pembina OSIS dan pendamping yang terdiri dari guru dan Wali Kelas XI.

Dalam Kemah Bhakti tersebut, dilaksanakan berbagai jenis kegiatan yang difokuskan kepada pelatihan lingkungan dan sosial diantaranya pemilahan sampah masyarakat, kegiatan bersih lingkungan, pemberian sembako ke penduduk sekitar yang membutuhkan. Selain itu, juga digelar berbagai lomba seperti lomba ketrampilan pembuatan drakbar, outbond, dan lomba-lomba ketangkasan lainnya.

“Kegiatan tersebut tentunya berlatar belakang pada basis madrasah untuk mencetak siswa berilmu, unggul terampil, mandiri dan berwawasan lingkungan dengan ketrampilan dan keahlian yang nantinya dapat diterapkan di tengah masyarakat, “ tandasnya.

Sementara itu, Pembina Pramuka mengapresiasi dan mengucapkan selamat, kepada seluruh peserta kegiatan dan berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan sehingga pramuka semakin dikenal masyarakat dan bukan hanya di sekolah yang identik dengan baris berbaris dan menyanyi saja.

“Pramuka itu ya kita, kita yang mampu terjun ke semua lapisan masyarakat untuk berbuat lebih baik ke depan dan menjadi generasi muda yang kreatif, inovatif serta inspiratif sesuai dengan perkembangan teknologi masa kini, “ ungkapnya.(sr/Af)