081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

H. Subadi : MAPSI Sebagai Tolak Ukur Keberhasilan Pelaksanaan PAI SD

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonogiri – Untuk kesekian kalinya Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) SD Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan Lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islam (MAPSI) Sekolah Dasar ke-20 Tingkat Kabupaten Wonogiri tahun 2017 yang di laksanakan Kamis, (19/10) di Pendopo Kecamatan Jatisrono dan sekitarnya yang di ikuti 25 kontingen / kecamatan dengan jumlah peserta lomba kurang lebih 600 anak.

Hadir dalam acara pembukaan tersebut Ka. Kankemenag Wonogiri, Kasi PAKIS, Pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri, Forkompinca Kec. Jatisrono, Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan se Kab. Wonogiri, Pengawas Pendidikan Agama Islam dan Guru PAI SD se Kabupaten Wonogiri.

Dalam sambutan pembukaan Kepala Kankemenag Wonogiri, H. Subadi menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya  kepada KKG PAI SD yang telah menyelenggarakan kegiatan MAPSI, beliau menekankan bahwa tujuan utama MAPSI adalah sebagai tolak ukur penerapan kurikulum PAI SD dan keberhasilan pelaksanaan PAI SD di Wonogiri, serta meningkatkan akhlaqul karimah dan memupuk ukhuwah islamiyah dan menumbuhkan rasa cinta islami sehingga menjadi spirit dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Ka. Kankemenag mengharapkan event MAPSI benar-benar menjadi ajang  memahami dan meningkatkan keberadaan seni islami yang semakin tergerus perkembangan zaman, juga mampu meningkatkan ketrampilan beragama dalam kehidupan sehari-hari yang pada akhirnya akan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Dengan menanamkan pengetahuan dan pemahaman agama terhadap anak usia dini dapat memberikan landasan spiritual yang kuat bagi mereka,” tegasnya

Kegiatan MAPSI sendiri menurut Subadi,  bertujuan untuk mengembangkan kompetensi siswa tentang pengetahuan dan ketrampilan serta akhlaq yang berkaitan dengan agama dan seni Islam. Tidak kalah pentingnya kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai upaya pengembangan syiar agama Islam dari kalangan anak-anak.

Sedangka ketua KKG PAI SD Kabupaten Wonogiri H. Nur Wakhid  dalam laporannya menyampaikan bahwa lomba MAPSI ini dalam rangka menggali potensi kreasi dan inovasi dari anak-anak SD. Selain itu bagian dari pelestarian kesenian tradisonal yang bernuansa islami, seperti rebana dan macapat selain itu sebagai tolak ukur penerapan kurikulum PAI SD dan keberhasilan pendididkan agama Islam di Wonogiri

Adapun jenis cabang lomba yang di perlombakan antara lain : Lomba Pengetahuan PAI & BTQ, Khitobah/pidato, Tilawatil Qur’an dan khifdzil Qur’an, lomba ketrampilan dan tehnologi informasi dan komunikasi (LK-TIK), Adzan, Mocopat Islam, Khot/Kaligrafi (menulis indah huruf arab) dan Rebana. (Mursyid___ Heri)