388 Siswa MAN Temanggung Ikuti UNBK

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung –  Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada MAN Temanggung pada hari  pertama ini berjalan dengan lancar, tanpa kendala, dan hampir semua siswa hadir mengikuti ujian. Hal ini diungkapkan Kepala MAN Temanggung, saat memantau pelaksanaan UNBK . Pelaksanaan UNBK ini berlangsung tanggal 9 hingga 12 April 2018 dengan mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan satu mata pelajaran jurusan. Yang diikuti  sebanyak 388 siswa MAN Temanggung.

Pelaksanaan UNBK  dibagi menjadi 3 sesi dengan 5 ruang laboratorium komputer  yang ada. Hal tersebut  dikatakan oleh Kepala MAN Temanggung, Ali Masyhar,   pada hari pertama pelaksanaan UNBK, Senin (09/04).

“Insya Allah siswa-siswi siap mengikuti ujian nasional berbasis komputer, ” katanya. Menurutnya, tidak ada perubahan terkait dengan sistem UNBK di tahun 2018. “Tidak ada perubahan dengan sistem UNBK, hanya saja sedikit penambahan fitur di sistem dan tidak merubah dari sistem yang ada,” ujarnya.

Dijelaskan Ali Masyhar dalam menghadapi UNBK pihak madrasah bekerjasama dengan Komite Madrasah terus memberikan yang terbaik bagi peserta didik terkait persiapan teknis dan non teknis agar pelaksanaan UNBK berjalan lancar dan siswa mampu menjawab semua soal secara online.

‘’Berbagai latihan termasuk simulasi UNBK telah beberapa kali dilaksanakan, dengan harapan dalam pelaksanaan UNBK bukan hanya lancar saja,akan tetapi mampu meraih nilai secara maksimal,’’tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa sebelumnya para siswa-siswi mengikuti Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK) juga dikenal dengan Computer Based Test (CBT). Dalam pelaksanaannya, UAMBN-BK berbeda dengan sistem ujian berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Penyelenggaraan UAMBN-BK menggunakan sistem semi online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline.(sr/rf)