081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Kenalkan Eksistensi Madrasah Kepada Masyarakat, Dengan Latihan Manasik Haji Massal

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonogiri – Untuk menyambut datangnya bulan suci Romadhon tahun 1439 H / 2018 M sekaligus melaksanakan program tahunan kembali MTsN 2 Wonogiri menyelenggarakan kegiatan latihan manasik haji massal, yang di ikuti peserta didik dan guru madrasah tersebut, minggu kemarin di Lapangan Ngasinan, Wonoharjo, Wonogiri.

Kepala MTsN 2 Wonogiri, Mujiyono setelah mengikuti Apel bersama Kemenag, Senin (07/05) menyampaikan bahwa latihan peragaan manasik haji tersebut adalah program tahunan yang di barengkan dengan momentum sambut datangnya bulan suci romadhon, karena hal tersebut merupakan pembinaan intensif kepada siswa yang tentunya menjadi salah satu bagian dari pendidikan agama dalam rangka membentuk siswa-siswi yang sholeh dan sholehah, karena bangsa yang mau mendidik dan mengembangkan generasi mudanya akan menjadi bangsa yang maju dan kuat di masa yang akan datang.

Kegiatan tersebut menurut Kepala MTsN 2 Wonogiri juga sebagai media untuk mengenalkan eksistensi madrasah kepada masyarakat Wonogiri dan sekitarnya. “Harapan diadakannya kegiatan ini adalah terjalinnya sinergisitas antara insan pendidikan dengan masyarakat khususnya orang tua/wali murid dan juga sebagai wahana publikasi keberadaan madrasah kepada masyarakat,” jelas Mujiyono

Dari pantauan, para siswa tampak bersemangat mengikuti manasik, dengan mengucapkan talbiyah ‘Labbaikallahumma Labbaik’, mereka dipandu oleh para guru menunaikan rangkaian kegiatan haji mulai dari berjalan ke bukit shofa, melempar jumrah, tawaf, dan sa’i.

Tujuan utama event latihan manasik ini, agar anak-anak akan semakin memahami bagaimana pelaksanaan ibadah haji sekaligus mempraktikkannya, sehingga akan timbul keinginan mereka untuk berhaji ketika sudah waktunya nanti.

Latihan manasik haji menurut Mujiyono agar peserta didik dapat mengambil nilai-nilai dan pembelajaran dari pelaksanaan peragaan manasik haji ini yakni agar senantiasa menanamkan niat yang tulus, ikhlas, pasrah dan berserah diri dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan madrasah, rumah dan lingkungan sekitar.

“Kepada para peserta untuk menghayati latihan manasik haji, serta senantiasa belajar untuk menjaga mental agar tetap sabar dan tidak terjebak emosi, dan disiplin diri serta memberikan pengalaman rohani bagi siswa MTsN 2 Wonogiri,” papar Kepala Madrasah MTsN  2 Wonogiri. (mursyid_heri/Wul)