MAN 1 Surakarta Gelar Pilwakamad

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta – Di tengah momen ibadah bulan ramadan, civitas akademika Madrasah Aliyah Negeri ( MAN) 1 Surakarta, menggelar Pilihan Wakil Kepala Madrasah (Pilwakamad),  Rabu ( 6/6) bertempat di aula Madrasah setempat. Kegiatan ini merupakan agenda rutin dua tahunan untuk memilih Wakil Kepala Madrasah. Menurut ketua panitia Pilwakamad, Amien Singgih, pemilihan wakil kepala Madrasah telah disepakati seluruh unsur di MAN 1 Surakarta digelar setiap dua tahun.

“Demi untuk penyegaran sekaligus memberikan kesempatan bagi seluruh unsur di MAN 1 Surakarta, maka setiap dua tahun diadakan pemilihan Wakil Kepala Madrasah. Selain itu juga sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas MAN 1 Surakarta agar semakin terus meningkat,” ujar Amien.

Pemilihan yang digelar dalam suasana santai dan penuh kekeluargaan ini, diikuti oleh seluruh unsur di MAN 1 Surakarta mulai dari guru dan karyawan yang akan memilih calon-calon wakil kepala (waka) madrasah yang telah ditentukan, yaitu: waka kurikulum, waka humas, waka kesiswaan, dan waka sarana dan prasarana. Masing- masing wakil kepala memiliki lima kandidat hasil penjaringan yang telah dilakukan sebelumnya.

Menurut salah satu panitia Pilwakamad, Agus Nugroho, kandidat dari masing-masing bidang berjumlah lima orang.

“Kami memberikan banyak pilihan agar lebih demokratis dan fair. Selain itu juga untuk memunculkan potensi-potensi baru yang ada di MAN 1 Surakarta,” kata Agus.

Diuraikan oleh Agus, kandidat wakil kepala bidang kurikulum antara lain Heru Siswanto, Ahmad Wardimin, Rukamtini, Churun Maslakhah, dan Abdul Mutholib. Untuk wakil kepala bidang kesiswaan terdiri dari Sri Mulyono, Aris Musthafa, Siti Nurjanah, Arif Supriyanto dan Agus Dwi Prasetyo,” papar Agus.

Lanjut Agus mennjelaskan untuk  kandidat wakil kepala bidang humas terdiri dari Ali Muhson, Erlina Setijani, Suharno, dan Tri Bimo Suwarno dan yang terakhir kandidat wakil kepala bidang sarpras terdiri dari Qomarudin, Eko Apriwiyanto, Agus Nugroho, Mundzir Fattah, dan Nurul Khasanah.

Proses pemilihan  dengan cara mencontreng pada salah satu nama dari masing-masing bidang. Setelah selesai, memasukkan surat suara ke dalam kotak suara yang disediakan. Proses pemilihan dimulai pukul 13.00-14.00 yang dilanjutkan dengan penghitungan suara. Dari hasil penghitungan suara yang disaksikan seluruh pemilih, terpilih sebagai wakil kepala madrasah bidang kurikulum adalah Ahmad Wardimin, bidang kesiswaan Aris Musthafa, bidang humas Suharno, dan bidang sarpras Eko Apriwiyanto.

Kegiatan pemilihan wakil kepala madrasah ini sangat positif dalam upaya untuk menerapkan budaya demokrasi. Menurut kepala MAN 1 Surakarta, Slamet Budiyono, kegiatan ini akan terus dilakukan di waktu-waktu yang akan datang.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan hari ini karena ini adalah pesta demokrasinya semua unsur di MAN 1 Surakarta. Harapan saya kepada yang terpilih sebagai wakil kepala madrasah, bisa menerjemahkan program-program yang ditentukan, sesuai bidang masing-masing. Perlu ada kerjasama yang padu dan terintegrasi, agar program yang direncanakan bisa terlaksana,” papar Budiyono. (rma/Wul)