Rakyat Indonesia Jaga Perdamaian Persatuan dan Persaudaraan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kab.Pekalongan- Bertempat di halaman  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan dilaksanakan upacara bendera  peringati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 juni 2018. Di seluruh jajaran Kankemenag, Kasi, Kepala KUA, Kepala Madrasah, penyuluh dan penghulu. Upacara dilaksanakan tepat pukul 07.30 WIB.

Pada kesempatan tersebut Kepala Kankemenag Kabupaten Pekalongan H. Kasiman Mahmud Desky, membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia mengingatkan bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman. Keberagaman dimana berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan, dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia, atau yang biasa dikenal dengan Bhinneka Tunggal Ika.

Lebih lanjut, juga menyampaikan keprihatinan dimana kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia sedang mengalami ujian yang mengancam kebhinnekaan dan kesatuan bangsa Indonesia itu sendiri.

Presiden Joko Widodo menghimbau kepada seluruh rakyat Indonesia untuk menjaga perdamaian, persatuan dan persaudaraan. Serta mempunyai sikap santun, saling menghormati, saling toleran, saling membantu untuk kepentingan bangsa, dan saling bergotong royong demi kemajuan Indonesia, melalui berbagai kegiatan yang positif.

Pekan Pancasila merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memperdalam pemahaman, penghayatan, dan pengamalan Pancasila. Tujuannya untuk menguatkan dan memperkenalkan ulang dasar-dasar Pancasila, serta untuk menarik minat para generasi muda terhadap Pancasila sehingga diharapkan seluruh komponen bangsa Indonesia dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.  Penguatan Pancasila terlihat jelas dan kuat dalam komitmen pemerintah . Berbagai upaya terus kita lakukan. Telah diundangkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi dalam kehidupan sehari-hari, yang terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari, yang terintegrasi dengan program-program pembangunan. Pengentasan kemiskinan, pemerataan kesejahteraan dan berbagai program lainnya menjadi bagian integral dari pengalaman nilai-nilai pancasila.

Sekali lagi, jaga perdamaian, jaga persatuan dan jaga persaudaraan di antara kita. Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran dan saling membangun untuk kepentingan bangsa. Mari kita saling bahu membahu, bergotong-royong demi kemajuan Indonesia.

Selamat Hari Lahir Pancasila. Kita Indonesia, Kita Pancasila. Anda Indonesia, Anda Pancasila. Saya Indonesia, Saya Pancasila.

#PekanPancasila #SayaPancasila  #PancasilaReborn #KenalPancasila #PancasilaPunyaKita #PancasilaSatu #Pancasila2017(hfrn)