081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

MAN 1 Tegal Selenggarakan Workshop Implementasi Kurikulum 2013 Revisi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Tegal (Slawi) – Kurikulum 2013 (K-13) sering disebut dengan ‘kurikulum berbasis karakter’. Kurikulum ini merupakan kurikulum baru yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kurikulum 2013 merupakan sebuah kurikulum yang mengutamakan pada pemahaman, skill, dan pendidikan berkarakter, dimana peserta didik dituntut untuk paham atas materi, aktif dalam proses berdiskusi dan presentasi serta memiliki sopan santun dan sikap disiplin yang tinggi.

Kurikulum 2013 revisi diharapkan mampu menyambut peningkatan kualitas peserta didik. Karena peningkatan kualitas hidup suatu bangsa dapat berubah jika ditunjang dengan sistem pendidikan yang mapan. Bahkan, suatu bangsa tidak akan maju selama belum mampu memperbaiki kualitas sumber daya manusianya.

Dalam rangka meningkatkan kinerja guru, profesionalisme dan kompetensi pendidik, MAN 1 Tegal menyelenggarakan Workshop Implementasi Kurikulum 2013 Revisi yang diisi oleh dua pemateri, yaitu Amari dan Ahmad Zahid.

Workshop Implementasi Kurikulum 2013 Revisi ini dilaksanakan Selasa, 10 Juli 2018 pukul 07.00 s.d. 16.00 WIB bertempat di Aula An-Nur MAN 1 Tegal. Acara ini bertujuan agar para guru mampu menerapkan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran di dalam dan di luar kelas. Workshop Implementasi Kurikulum 2013 Revisi ini diikuti oleh seluruh dewan guru MAN 1 Tegal. Kepala MAN 1 Tegal, Nurhayati, (10/7) mengatakan bahwa “sebagai sarana penunjang dalam implementasi kurikulum 2013 pihak madrasah siap membangun fasilitas baik sarana di dalam maupun di luar kelas, misalnya pembuatan dan pemanfaatan gazebo untuk pembelajaran di luar kelas”.

Dalam workshop kali ini juga dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal, Sukarno dan Pengawas MA Kabupaten Tegal, Suharto. Dalam kesempatan ini Sukarno memberikan penjelasan tentang kebijakan-kebijakan yang ada di Kementerian Agama terutama tentang aturan kepegawaian, sedangkan Suharto memberikan penjelasan tentang kebijakan pengawas MA.

Workshop ini diisi oleh pemateri Amari yang menjelaskan “bahwa perubahan dalam kurikulum 2013 revisi terdiri dari (1) Pemuatan Pendidikan Karakter; (2) Literasi; (3) Creative, Critical Thinking, Communicative dan Collaborative; (4) Higher Order Thinking Skill (HOTS)”. dan Akhmad Zahid yang menjelaskan tentang model – model pembelajaran. (sochud/rw)