081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

MTsN Surakarta 1 Raih Medali Perak di Ajang KSM Nasional

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta – MTsN Surakarta 1 berbangga atas raihan medali perak yang dipersembahkan oleh Nur Na’imah Ma’ruf dari ajang KSM (Kompetisi Sains Madrasah)  Matematika tingkat nasional. KSM Nasional tahun ini berlangsung pada 24-29 September di Bengkulu, Sumatra Selatan tepatnya di MAN Model 1 Bengkulu. Ajang ini merupakan perhelatan rutin 2 tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI.

Na’imah lolos ke tingkat nasional setelah berhasil menyisihkan pesaingnya di berkat di tingkat provinsi Jawa Tengah. Siswi kelas 9 PK1 ini mempersiapkan diri  sungguh-sungguh dengan dibimbing oleh Tutur Widodo dan segenap tim pembimbing KSM MTsN 1 Surakarta.

’’Senang dan bangga bisa membawa nama harum MTsN Surakarta 1 dengan membawa pulang medali perak sebagai wakil Provinsi Jawa Tengah, harapan saya, adik-adik kelas Na’imah mampu meneruskan jejak prestasi ini bahkan lebih baik lagi,’’ ujar Edisut, guru pendamping yang dihubungi via telepon.

Setelah lolos seleksi terbuka tingkat madrasah, mereka diajukan untuk melanjutkan ke tingkat kota. Di tingkat ini, diambil juara 1 dan 2 untuk maju ke tingkat provinsi. Di tingkat provinsi disaring 1 anak per provinsi untuk ikut berkompetisi di tingkat nasional. Saya berharap MTsN  Surakarta 1 seterusnya bisa mengirimkan wakilnya sampai ke tingkat nasional.

Selain membawa pulang medali perak, Jawara Matematika ini juga mengantongi hadiah senilai 4,5 juta plus beasiswa sebesar 2 juta. Menurut Na’imah, uang tersebut  akan ia tabung. Perjuangan mendapatkan semua  itu tidaklah mudah, karena harus melewati tes tertulis dan CBT. Rasa senang dan syukur atas prestasi itu tentu saja menyelimuti Nur Na’imah. Namun, ia juga berharap untuk bisa menjadi yang lebih baik lagi karena ia sadar bahwa masih banyak orang diluar sana yang lebih baik dari dia.

Kebanggaan tersendiri dirasakan oleh Na’imah karena Kepala MTsN Surakarta 1, Kirno Suwanto turut mendanmpinginya berjuang di Bengkulu.

’’KSM merupakan ajang bergengsi, apalagi mampu menerobos hingga tingkat nasional merupakan suatu prestasi yang sangat membanggakan. Saya berharap MTsN Surakarta 1 mampu menorehkan prestasi yang lebih baik lagi di masa mendatang, tidak hanya memboyong perak dalam mapel matematika terintegrasi, tapi juga dalam mapel IPA dan IPS. Semua bisa terwujud jika ada niat, usaha, semangat, dan dukungan dari semua pihak,’’ ungkap Kirno Suwanto. (mt1_rma/bd)