Jadikan MAPSI Sebagai Spirit Dalam Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonogiri – Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) SD Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan Lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islam (MAPSI) Sekolah Dasar ke-21 Tingkat Kabupaten Wonogiri tahun 2018 Sabtu, (20/10) di SMKN Pracimantoro yang di ikuti sekitar 600 anak dari 25 kontingen / kecamatan.

Kepala Kankemenag Wonogiri, H. Subadi dalam pembukaannya menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya  kepada KKG PAI SD yang telah menyelenggarakan kegiatan MAPSI tahu ini, beliau menekankan bahwa tujuan utama MAPSI adalah sebagai tolak ukur penerapan kurikulum PAI SD dan keberhasilan pelaksanaan PAI SD di Wonogiri, serta meningkatkan akhlaqul karimah dan memupuk ukhuwah islamiyah sehingga menjadi spirit dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.

Lomba MAPSI diharapkan bisa mencari bakat bakat dan minat yang cerdas, terampil serta berakhlak mulia. Selain itu, untuk membentuk karakter muslim yang Pancasilais serta memberantas buta aksara Al Quran di kalangan anak anak sehingga mereka punya bekal hidup dunia akherat.

“Melalui lomba ini anak memiliki karakter akhlakul karimah yang kuat untuk mengembangkan kompetensi siswa tentang pengetahuan dan ketrampilan serta akhlaq yang berkaitan dengan agama dan seni Islam. Tidak kalah pentingnya kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai upaya pengembangan syiar agama Islam dari kalangan anak-anak, serta dapat terpilih peserta terbaik mewakili Kabupaten Wonogiri maju lomba yang sama tingkat Provinsi Jawa Tengah,” harap Subadi

Kegiatan MAPSI harap Ka. Kankemenag harus benar-benar menjadi ajang  memamahi dan meningkatkan keberadaan seni islami yang semakin tergerus perkembangan zaman, juga mampu meningkatkan ketrampilan beragama dalam kehidupan sehari-hari.

Ketua KKG PAI SD Kabupaten Wonogiri, Nur Wakhid  dalam laporannya menyampaikan bahwa lomba MAPSI ini dalam rangka menggali potensi kreasi dan inovasi dari anak-anak SD. Selain itu bagian dari pelestarian kesenian tradisonal yang bernuansa islami, seperti rebana dan macapat selain itu sebagai tolak ukur penerapan kurikulum PAI SD dan keberhasilan pendididkan agama Islam di Wonogiri

Sementara jenis cabang lomba MAPSI tahun 2018 yang di perlombakan meliputi , Lomba Pengetahuan PAI & BTQ, Khitobah/pidato, Tilawatil Qur’an dan khifdzil Qur’an, lomba ketrampilan dan tehnologi informasi dan komunikasi (LK-TIK), Adzan, Mocopat Islam, Khot/Kaligrafi (menulis indah huruf arab) dan Rebana. (Mursyid___ Heri/rf)