KUA Baturetno Adakan Kegiatan Anjangsana Jum’at Bersih dan Santunan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonogiri – Kantor Urusan Agama Kecamatan Baturetno mengadakan kegiatan Jum’at bersih dan santunan kepada para dhuafa, Jum’at (09/11) di Musholla Al Ikhlas Tempel Glesungrejo yang di ikuti ASN KUA, Penyuluh Agama Islam serta bekerjasamana denga BADKO TPQ Kecamatan.

Menurut penyuluh Agama Islam Fungsional, Nurul Zuliawati kegiatan ini di laksanakan  dalam rangka memantapkan peran Kantor Urusan Agama kecamatan sebagai etalase terdepan Kementerian Agama, karena baik buruknya instansi ini dipengaruhi oleh performance atau kinerja KUA yang keberadaannya di setiap kecamatan, KUA Garda terdepan dalam membangun citra atau image Kemenag. KUA langsung memberi pelayanan terhadap masyarakat.

Selain itu setiap lembaga di lingkungan Kemenag diharapkan bisa menciptakan citra lembaga (corporate image) menjadi baik serta secara aktif melakukan sosialisasi dan publikasi kegiatan kepada masyarakat atau kepada media baik cetak atau elektronik. Sehingga peran Kemenag dalam pelayanan kepada masyarakat dapat diketahui oleh masyarakat disamping sebagai perimbangan terhadap berita-berita miring yang menyudutkan Kementerian Agama.

“Dengan kebersihan dan kenyamanan di masjid/musholla akan menyadarkan jamaah mau secara aktif menjaga kebersihan tempat ibadahnya, KUA punya impian ke depan untuk mengembalikan masjid sebagai pusat peradaban, sarana bagi generasi muda untuk mendekatkan diri kepada Allah melalui aktivitas yang menyenangkan di masjid, sehingga masjid dan masyarakat sekitar akan terus makmur,” harapnya

Selain itu, di masing-masing masjid musholla juaga di adakan pembinaan TPQ, karena eksistensi Taman Pendidilan Al-Qur’an (TPQ) adalah secara riil telah menjadi wadah pengajaran Al-Qur’an di tengah-tengah masyarakat, khususnya untuk kalangan anak-anak.

Sebagai wadah pengajaran Al-Qur’an, TPQ memiliki peran yang sangat penting dalam menanamkan moral yang baik dan Islami, namun perlu di sadari tantangan TPQ ke depan semakin berat perlu memperkuat kualitas dari sisi pembinaan baik meliputi kurikulum, SDM pengelola dan pengajar serta sistem akreditasi.

“Sehingga sedikit kontribusi dari KUA Baturetno bisa di manfaatkan umat muslim dan para penerima bantuan yang ada di wilayah kecamatan Baturetno, dan ASN kemenag mendapatkan keberkahan di hari jum’at ini” imbuh Nurul. (Mursyid/Heri/rf)