MTsN Surakarta Adakan AXION 2019

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta – Untuk mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang seni dan merealisasikan pembelajaran K-13 berbasis proyek, OSIS MTsN Surakarta 1 mengadakan pentas seni yang bertajuk “AXION 2019, Ekspresikan Bakatmu”, di halaman gedung 1, Sabtu (5/1).

Dengan digelarnya even tersebut, halamanmadrasah berubah menjadi pagelaran seni yang sangat meriah. Kegiatan ini merupakan program tahunan pembelajaran mata pelajaran Seni Budaya kelas 9.

Kepala MTsN Surakarta 1 , Kirno Suwanto,dalam sambutannya memberi apresiasi kepada anak didiknya yang telah bekerja keras yang luar biasa selama liburan untuk mempersembahkan yang terbaik bagi madrasah.

”Semoga penampilan kalian nanti juga luar biasa. Semangat anak-anakku, terima kasih sudah berusaha memberikan yang terbaik,” tuturnya.

Acara dibuka oleh Pasukan Pengibar Bendera MTsN Surakarta 1 (Paskidraska) dengan mempersembahkan atraksi yang  memukau semua penonton.  Acara ini sekaligus dijadikan bekal pemantapan oleh Paskidraska angkatan 3 dan 4 yang  keesokan harinya akan mengikuti lomba Samara Mandala Dhika XII di GOR Gelarsena, Klaten.

Usai penampilan Paskidraska dilanjutkan pentas seni oleh kelas 9B kemudian diikuti kelas 9 dan kelas lain. Hampir semua kelas mengusung tema kebudayaan dan keberagaman.

Dari beberapa penampilan yang disuguhkan terlihat kreativitas anak-anak MTsN Surakarta 1 sungguh luar biasa, dan mampu mengolaborasikan tema budaya dengan nuansa kekinian.

Perpaduan antara musik tradisional dengan musik modern menambah meriahnya suasana. Oleh karena itu, tidak salah kalau pentas seni ini juga diharapkan dapat meningkatkan kecintaan siswa terhadap tanah air terutama seni budaya.

Yang menarik adalah tampilan dari grup Pramuka MTsN Surakarta 1 (Pramatsa) yang  ikut ambil bagian pada pentas seni kali ini. Pramatsa yang seringkali tampil dan menjuarai berbagai lomba tingkat provinsi maupun nasional itu,  mempersembahkan perpaduan antara semafor dan koreografi dengan diiringi lagu-lagu zaman now yang  mampu menimbulkan decak kagum para penonton.

Selain pentas seni, juga digelar pameran seni karya lukis dan prakarya siswa kelas 9 di ruang kelas 9. Selain siswa MTsN, gelaran ini juga dihadiri para alumni dengan memberikan kontribusi sebesar tuju ribu rupiah.   

“Penampilan kelas 9PK4 bagus banget. Koreografi tariannya bagus, kostumnya menarik, ekpresi seluruh pemesannya bagus. Dancernya luar biasa. Luwes banget,” ungkap Syifa’q kelas 8 FD2.

“Dengan kegiatan ini menunjukkan MTsN Surakarta 1 semakin berjaya. Tidak hanya berjaya dalam bidang akademik saja tetapi juga di bidang seni,” ujar Humas Madrasah yang murah senyum itu. (diana_rma)