081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Subadi : Guru Agama Harus Mampu Sampaikan Pesan Tentang Kerukuanan Umat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonogiri –  Kepala Kankemenag Wonogiri, Subadi kembali mengingatkan kepada jajaran guru agama baik Katolik, Kristen, Hindu dan Budha bahwa jabatan guru adalah pekerjaan yang sangat mulia dan istimewa karena bersumber dari jasa seorang guru, profesi guru mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan kegiatan mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Sebagai tenaga pendidik atau guru lanjut Subadi harus profesional, apalagi seorang guru agama harus memiliki kompetensi, sehingga dapat mencetak generasi yang memiliki pengetahuan dibidang iptek dan imtaq. Selain itu, guru harus kreatif, berkepribadian, dan berjiwa sosial dan peka terhadap perkembangan zaman.

Hal tersebut di tegaskan Kepala Kankemenag Wonogiri dalam acara Pembinaan dan Natal bersama Guru Agama Katolik dan Kristen Kab. Wonogiri,  Rabu (10/01) di RM. Gebyok Ibu Woro Ngadirojo, turut hadir dalam acara tersebut Gara Katolik dan Pengawas Pendidikan Katolik. Dalam pembinaan juga di ikuti guru agama Hindu dan Budha se Wonogiri.

Menurut Subadi, dalam melaksanakan tugas dan fungsinya Guru Agama di lingkungan Kementerian Agama harus menerapkan prinsip 5 nilai budaya kerja, yaitu integritas, profesionalitas, inovasi, tanggungjawab dan keteladanan

“Saat ini guru agama memegang peranan penting dalam membentuk watak dan sikap serta bisa mengembangkan potensi para anak didik utamanyan membumikan kedamaian antar umat beragama. Oleh karena itu, beliau berharap guru pendidikan agama dapat meningkatkan nilai-nilai agama, khususnya budi pekerti dan karakter kepada anak didiknya,” jelas Subadi

Sedangkan  menurut Penyelenggara Katolik Kankemenag Wonogiri, Antonius Sukatno di dampingi Pengawas Pendidikan Agama Katolik Yuliana menyampaikan bahwa Perayaan Natal bersama Guru Agama Kristen dan Katolik selalu terasa istimewa, karena mengangkat esensi pesan damai yang diagungkan, untuk memberikan penyadaran kepada umat, guna memaknai eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), melalui keberagaman yang menyatu dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Yakni dengan menjunjung tinggi toleransi, kebersamaan, persatuan dan kesatuan, dalam dimensi menjaga kemajemukan bangsa, dan dinamika kehidupan bernegara.

Dengan merefleksikan kasih Tuhan dalam kehidupan sehari-hari, menurut Antonius Sukatno akan memberikan dampak menjadikan terang bagi dunia, dan senantiasa membawa damai sejahtera, serta mampu membangun semangat kebersamaan dan toleransi, para umat pemeluk agama. (H. Mursyid _ H. Heri/Wul)