20 ASN Kemenag Kendal Terima Satya Lencana saat Upacara HAB ke 75

Kendal – Sesuai Surat Edaran (SE) Nomor 69 Tahun 2020 yang menyebutkan upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama RI ke-75 dilaksanakan serentak seluruh satuan kerja Kementerian Agama Pusat maupun daerah dengan peserta terbatas, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal gelar upacara di halaman kantor setempat, Selasa (5/1).

Plt. Kepala Kankemenag Kendal, Mokhamad Bajuri menuturkan bahwa peringatan HAB tahun ini sangat berbeda dari tahun sebelumnya dimana biasanya HAB dimeriahkan dengan berbagai rangkaian acara lomba dan ceremonial yang melibatkan setiap unsur.

“Alhamdulillah tahun ini kita hanya melaksanakan upacara dan syukuran saja, itupun dengan peserta terbatas. Tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan dan menjaga jarak,” terangnya.

Selaku pembina upacara, Mokhamad Bajuri menyampaikan amanat Menteri Agama RI yang menghimbau kepada seluruh ASN Kemenag untuk memiliki semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama. Melalui implementasi pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, penguatan moderasi beragama serta memelihara persaudaraan antar umat.

Di usia 75 tahun Kementerian Agama ini merupakan pencapaian yang luar biasa, tentunya hal ini tercapai atas kontribusi ASN Kemenag yang sepenuh hati memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sebagai momentum untuk menguatkan niat dan motivasi kerja guna pencapaian yang lebih baik, Plt. Kepala Kankemenag Kendal memberikan anugerah penghargaan dan apresiasi satya lencana kepada 20 orang ASN. Pengabdian para PNS Kemenag saat ini memang sangat berat, apalagi tujuan akhirnya bukan hanya tujuan keduniawian saja, namun hingga tujuan akhirat. Hal ini disadari karena Kementerian Agama ini merupakan kementerian yang mencakupi masalah-masalah keagamaan.

Saat penyerahan penghargaan Plt. Kepala Kankemenag Kendal berpesan agar melalui penghargaan tersebut para ASN penerima dapat meningkatkan prestasi dalam melaksanakan tugas, sedangkan bagi mereka yang belum berkesempatan untuk tetap meningkatkan prestasi kerja sehingga tiba waktunya, dapat meraih prestasi dimaksud.

“Kami ucapkan selamat dan terimakasih atas pengabdian bapak ibu, semoga ini menjadi pemicu semangat ASN lainnya dalam meningkatkan prestasi kerja,” ujar Mokhamad Bajuri.

Tahun ini peringatan Hari Amal Bakti mengusung tema “Indonesia Rukun”. Tema ini sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia.(Ja/bel/rf)