Kado Indah Walikota Surakarta di Hari Amal Bakti (HAB) ke 75 Kementerian Agama RI

Surakarta – Memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke 75 Kementerian Agama RI di tengah pandemi, Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta menggelar acara Sarasehan dan Doa Bersama di lokasi eks SDN Jayengan, Serengan pada Rabu (6/1), secara sederhana. Hadir pada acara ini, Walikota Surakarta, FX. Hadi Rudyatmo bersama jajarannya, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Tengah,Mustain Ahmad, serta Muspika Kecamatan Serengan.

Musta’in Ahmad mengaku senang dapat bertemu kembali dengan Pak Rudi, begitu sapaan akrabnya. Pada kesempatan ini, Rudi memberikan kado indah untuk Kemenag Kota Surakarta yaitu barang milik daerah berupa tanah yang berlokasi di eks SDN Jayengan. Tanah tersebut rencananya akan dibangun Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Serengan. Pemberian ini ditandai dengan Penandatanganan Perjanjian dan Berita Acara oleh Rudi dengan Plt Kepala Kemenag Kota Surakarta, Rosyid Ali Safitri dan disaksikan Kakanwil Kemenag Prov. Jawa Tengah, Musta’in Ahmad.

Dalam sambutannya, Rudi menyampaikan bahwa diakhir masa jabatannya sebagai walikota, beliau ingin memberikan lokasi yang representatif untuk KUA Kecamatan Serengan. Seperti diketahui bersama, lokasi KUA Serengan yang berada di Jamsaren saat ini berada di lokasi yang kurang strategis.

Mbok menowo, setelah ijab di KUA Serengan kemudian resepsi dilaksanakan di Taman Cerdas sebelahnya, nah berarti akan membaa manfaat untuk bersama,” tutur Rudi.

Pria yang sudah menjabat walikota dua periode ini juga berpesan agar di tanah tersebut ditanami dua pohon yaitu pohon Sukun dan Kluwih sebagai simbol rukun dan rejeki yang luwih atau berlebih. Rudi pun menegaskan bahwa pengurusan sertifikat akan diselesaikan tidak lebih dari 2 minggu. “Jadi tolong yang bertugas dalam hal ini, saya minta tgl 16 Januari nanti harus sudah selesai,” perintahnya.

Musta’in Ahmad menanggapi sambutan tersebut, dengan mengucapkan terima kasih telah menjadi inspirasi pula. “Saya menduga, saya menjadi kakanwil ini juga tidak lepas dari dukungan beliau,” tuturnya.

Musta’in juga menyampaikan selamat pada Walikota Surakarta, yang baru saja mendapatkan penghargaan dari Menteri Agama sebagai kota yang dipandang menggerakkan kerukunan antar umat beragama. Beliau kemudian menyampaikan rasa terima kasih atas kerjasama yang baik selama menjabat sebagai Kepala Kemenag Kota Surakarta. “Syukur bahagia kita selalu ditimang oleh Pak Rudi, salah satunya dengan kebijakan beliau yang memberikan kita sebuah tanah calon KUA Kec Serengan,”  ujarnya.

Musta’in Ahmad memperkenalkan pada Rudi, tentang adanya Surat Berharga Syari’ah Negara (SBSN) yang berguna untuk meningkatkan pelayanan masyarakat dalam hal pembangunan gedung. Musta’in berharap dan meminta doa serta dukungan, agar pembangunan KUA Serengan nantinya dapat terlaksana di tahun 2021.(ern-my/Sua)