Kasi Penma Kemenag Kab Tegal Apresiasi Kegiatan KKG Adiwerna

Tegal (Slawi) – Sebanyak tiga puluh guru se-Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal mengikuti Workshop Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Powerpoint dan Kindmaster yang diadakan oleh Kelompok Kerja Guru MI Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal yang berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 13, 18 dan 25 Januari 2021.

Tujuan dari workshop ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam membuat metode pembelajaran daring yang harus mereka laksanakan karena pembelajaran tatap muka belum diizinkan oleh pemerintah. Selain itu pembuatan video ini juga dapat digunakan sebagai bekal untuk menambah angka kredit bagi para ASN dalam hal karya inovatif.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Tegal, Banu Hamdan, sangat mengapresiasi kegiatan yang diprakarsai oleh KKG Adiwerna ini.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan semacam ini ketika pembelajaran tatap muka harus dihentikan akibat pandemi. Dampak pandemi secara psikologis bagi madrasah karena belum diizinkan untuk melakukan pembelajaran tatap muka.” Kata Banu Hamdan ketika mengisi pembinaan dinas pada acara KKG tersebut.

“Dampak psikologis bagi siswa kadang ada siswa yang belum atau tidak memiliki sarana untuk pembelajaran seperti HP android, sehingga otomatis tidak bisa mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru” lanjutnya.

KKG yang dilaksanakan di MI Harjosari Lor ini juga dihadiri oleh Pengawas Madrasah Kecamatan Adiwerna, Arhamah, yang sangat antusias membimbing guru-guru yang menjadi wilayah tugasnya untuk selalu berkarya melalui KKG.

“Saya sangat senang dengan KKG Adiwerna ini. Disaat yang lain belum aktif di sini sudah menghasilkan karya, ternyata guru-guru di sini sangat hebat terbukti dengan karya-karya yang inovatif, saya sendiri tidak bisa untuk membuat seperti ini (video dengan powerpoint)” ungkap Arhamah.

Beliau berharap kepada pengurus KKG untuk terus aktif dengan program-program selanjutnya seperti membuat perangkat pembelajaran baik silabus, prota, promes, maupun RPP terutama untuk maple agama.(gus27/qq)