Ketua MUI Wonogiri Beserta Forkompina Menerima Vaksin Covid-19

Wonogiri _ Dalam rangka mendukung dan mensukseskan program pemerintah dalam hal memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Katua MUI Kabupaten Wonogiri yang juga Kasubbag TU Kankemenag Wonogiri, H. Hariyadi  beserta Bupati dan jajaran Forkopimda Kab. Wonogiri ikut serta dalam menerima vaksin Covid-19.

Pelaksanaan vaksinasi tersebut pada hari ini, Selasa, (26/01), di RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso, Kabupaten Wonogiri. Selama dan sesudah program vaksinasi dilakukan tetap harus menjaga protokol kesehatan.

Ketua MUI Kabupaten Wonogiri, H. Hariyadi mengajak masyarakat untuk tidak ragu melakukan vaksinasi Covid-19. “Vaksinasi Covid-19 merupakan upaya pemerintah dalam rangka memutus penyebaran Covid-19, yang tentunya melalui serangkaian prosedur atau tahapan, baik dari segi keamanan maupun kehalalannya,” jelas H. Hariyadi.

Selain itu  Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menggelar rapat pleno dan berdiskusi panjang terkait masalah ini.

“MUI telah menetapkan bahwa Vaksin Covid-19 khususnya produksi Sinovac halal dan suci berdasarkan pada Fatwa MUI Nomor 02 Tahun 2021 tentang Produk Vaksin COVID-19 dari Sinovac Life Sciences Co. Ltd China dan PT. Bio Farma (Persero),” imbuhnya.

Menurutnya, upaya pemerintah dan keputusan MUI sudah seharusnya mendapatkan apresiasi yang tinggi dari masyarakat kerena telah melakukan serangkaian penelitian bersama pakar dan ahli dibidangnya.

“Ini juga sudah dicontohkan Presiden Joko Widodo yang telah menerima dosis pertama vaksin Covid-19. Itu membuktikan bahwa vaksin ini suci dan halal,” tuturnya.

Beliau menambahkan, bahwa kedepannya walaupun telah divaksin, masyarakat harus tetap menjaga 3 M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” tambahnya.(Mursyid/Sua)