Membangun Madrasah yang Hebat dan Bermartabat

Kota Magelang – Kegiatan Sosialisasi e-RKAM bagi Madrasah di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Magelang Tahun 2021 sesuai dengan moto madrasah “Madrasah Hebat Bermartabat” yang  diusung oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK), sebagai kerja nyata dalam melaksankan pelayanan administrasi pendidikan yang baik. Demikian disampaikan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kota Magelang, Arif Yudha Himawan dalam kegiatan Sosialisasi e-RKAM, Rabu, (20/01)

“Untuk meningkatan kualitas madrasah maka perlu adanya informasi yang mudah dan dapat diakses oleh masyarakat luas salah satunya dengan aplikasi e-RKAM,” kata Arif.

Lebih lanjut dikatakan bahwa Madrasah Hebat Bermartabat berarti pencapaian kualitas terbaik kesemua komponen madrasah dengan menggunakan cara yang jujur, berakhlakul karimah, dan sesuai dengan norma keislaman. Hal ini pun erat kaitannya dengan 5 prinsip kerja, yaitu kerja keras, kerja tuntas, kerja cerdas, kerja berkualitas dan kerja ikhlas. Untuk itu Madrasah Kota Magelang mengimplementasikanya dengan melaksanakan pemutahiran data Madrasah dengan aplikasi e-RKAM.

“Pemutahiran data penting sebagai bentuk layanan dan kerja nyata untuk mewujudkan 5 prinsip kerja, yaitu kerja keras, kerja tuntas, kerja cerdas, kerja berkualitas dan kerja ikhlas,” jelas Arif.

Kegiatan Sosialisasi e-RKAM Seksi Pendidikan Madrasah Kota Magelang dilaksankan di Aula MAN Kota Magelang. Peserta dalam kegiatan tersebut berjumlah 28 orang yang terdiri dari Kepala Madrasah, Bendahara Madrasah, Operator Madrasah, dan Kepala Tata Usaha Madrasah yang berasal dari MAN Kota Magelang, MA Al Iman Kota Magelang, MTsN 1 Kota Magelang, MTsN 2 Kota Magelang, MTs Al Iman Kota Magelang, MI Al Iman Kota Magelang, dan MI Muhammadiyah Kota Magelang. Hadir dalam kegiatan tersebut Pengawas Madrasah dan Pengawas PAI Kota Magelang.

Tujuan umum dilaksanakan kegiatan sosialisasi e-RKAM Bagi Madrasah adalah untuk meningkatkan pemahaman kepala madrasah khususnya penerima dana BOS tentang pengelolaan dana BOS secara mandiri, professional, transparan, dan akuntabel sesuai pedoman teknis, dan tentunya melalui aplikasi e-RKAM. Sedangkan tujuan khusus yang ingin dicapai dari kegiatan tersebut adalah tercapainya persamaan persepsi dan pemahaman tentang pengoperasian aplikasi e-RKAM, membekali para pengelola dana BOS agar memiliki pemahaman dan kemampuan, dan terfasilitasinya madrasah penerima BOS yang mengalami kesulitan dalam pengelolaan dan pelaporan.

Harapan kedepan seperti moto Madrasah Hebat dan bermartabat, yakni dapat menyajikan data dan informasi kepada masyarakat tentang madrasah dan tata kelola madrasah yang bersih, melayani dan mengayomi.(Wahono/Sua)