Meriahkan HAB Kemenag RI Ke- 75, UPZ Kanwil Kemenag Prov. Jateng Salurkan Dana ZIS

Semarang (Penaisdayazawa) – Dalam rangkaian HAB Kemenag RI ke-75, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kanwil Kemenag Prov. Jateng menyalurkan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) di ruang rapat PTSP Kanwil Kemenag Prov. Jateng pada Kamis (14/01/2021). Total dana ZIS yang disalurkan sebesar Rp. 62.421.000,-. Menurut Ketua UPZ Kanwil Kemenag Prov. Jateng Sobirin, sedianya penyaluran ZIS akan dilaksanakan bertepatan dengan acara tasyakuran HAB Kemenag yang dilaksanakan pada Selasa (05/01/21), namun mengingat suasana pandemi Covid 19, maka penyaluran dilaksanakan pada kesempatan yang berbeda.

“Sebenarnya saya sudah merencanakan penyaluran ZIS bertepatan dengan tasyakuran HAB Kemenag RI ke-75 pada tanggal 5 Januari lalu, tapi karena masih dalam suasana pandemi Covid 19 penyaluran kami alihkan pada hari lain,” ujar Sobirin.

Penghimpunan ZIS UPZ Kanwil Kemenag Prov. Jateng periode November hingga Desember 2020 mencapai Rp. 89.172.857,-. Kemudian sesuai peraturan BAZNAS No. 2 Tahun 2016, seluruh dana harus disetorkan ke BAZNAS Provinsi Jateng. Selanjutnya sejumlah 70 persen dana dibantu penyalurannya oleh UPZ Kanwil Kemenag Prov. Jateng, yaitu sebesar Rp. Rp. 62.421.000,- untuk disalurkan kepada para mustahik. Dari jumlah tersebut berdasarkan hasil musyawarah pengurus UPZ Kanwil Kemenag, 50 persen disalurkan kepada panitia pembangunan Masjid Baitul Hikmah sebesar Rp. 31.210.500,- dan selebihnya disalurkan kepada 52 orang mustahik, terdiri dari petugas cleaning servis, security, dan fakir miskin keluarga ASN Kanwil Kemenag dari Bidang Penmad dan Subbag Kepegawaian dan Hukum.

Masih menurut Sobirin, zakat profesi dari para ASN muslim di lingkungan Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah sepanjang tahun 2020 mengalami kenaikan yang signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Zakat dari gaji bisa berubah-ubah, karena adanya kenaikan pangkat, mutasi ASN ke daerah lain atau pensiun. Demikian juga dengan zakat tunjangan kinerja, setiap bulan bisa berubah tergantung tingkat kehadiran para ASN, tapi dari tahun ketahun penerimaan ZIS dari ASN Kanwil Kemenag Provinsi Jateng meningkat,” tegas Sobirin.

Berdasarkan data yang ada pada bendahara UPZ Kanwil Kemenag Jateng Umma Farida, seluruh ASN muslim Kanwil Kemenag Prov. Jateng secara rutin telah menyetorkan zakat gaji dan tukin yang dipungut melalui bendahara. (Aby/qq)