Nurudin Ingatkan Pentingnya Telaah DIPA di Awal Tahun

Ungaran – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang, Nurudin, memimpin rapat koordinasi dan pembinaan di Aula Setempat, Senin (25/1).

Hadir menjadi peserta kegiatan, Kasubbag Tata Usaha, para Kasi dan Penyelenggara di Lingkungan Kankemenag Kab.Semarang, perwakilan Kepala KUA, perwakilan Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas), Perwakilan Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) dan Perwakilan kepala madrasah negeri baik tingkat Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).

Dalam kesempatan tersebut, Nurudin mengingatkan kembali akan pentingnya melaksanakan telaah Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) di awal tahun. Sesudah itu, segera melakukan revisi bila memang diperlukan dan melaksanakan program kegiatan yang sudah ada di Rencana Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-K/L).

“Mumpung ini masih bulan Januari, monggo kami persilahkan semua satker untuk bisa menelaah DIPA masing-masing dan segera ajukan revisi bila memang dibutuhkan,”ungkapnya.

Selain telaah DIPA, Nurudin juga mengajak kepada semua pihak untuk turut mensukseskan program Zona Integritas menuju Wilayah Bersih Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) yang menjadi program besar  Kementerian Agama  di seluruh satkernya.

“Kami sadar betul bahwa pandemi Covid-19 telah banyak berpengaruh pada pola pelayanan yang ada. Akan tetapi, perlu diingat bahwa ketika kita sudah mendeklarikan program ZI-WBK ini, sesungguhnya tanggung jawab kita adalah sama yakni sama-sama harus berjuang untuk mewujudkan komitmen bersama tersebut,” lanjutnya.

Karenanya, meski wacana penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diperpanjang, pihaknya berharap agar hal tersebut tidak dijadikan alasan untuk mengurangi jam pelayanan, namun sebaliknya harus dicarikan solusi agar semua kegiatan dan pelayanan yang ada di kantor tetap berjalan secara  maksimal.

“Apapun kebijakannya nanti harus tetap kita ikuti karena nilai manfaatnya tentu lebih besar dari pada madhorotnya,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Nurudin juga mengajak kepada semua pihak untuk turut serta mensukseskan program pembangunan masjid Baitul Hikmah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah yang saat ini masih dalam proses pembangunan melalui infaq/shodaqoh.(shl/Sua)