Penataan SDM Melalui Kualifikasi, Kompetensi, dan Kinerja Menuju Keberhasilan Reformasi Birokrasi

Semarang (Humas) – Pembinaan ASN jajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Prof. Nizar di Aula Utama Lt. 3 Gedung A Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Rabu (20/1).
Hadir sebagai peserta Pejabat eselon III Kanwil Kemenag Prov. Jateng, Kankemenag Kab/Ko Se Jateng. Perwakilan Kepala MAN, dan MTs.

Pembinaan ini bertujuan untuk membentuk sikap aparatur negara agar berorientasi kepada pembangunan dan bertindak sebagai pemrakarsa pembaharuan dan sebagai penggerak pembangunan.

Dihadapan para peserta Nizar mengajak ASN untuk terus menerus mengembangkan layanan-layanan kita sehingga layanan kita mudah diakses oleh masyarakat.

Sekjen juga menyampaikan pertimbangan mutasi yang sangat penting diterapkan dalam penataan SDM di Lingkungan Kemenag menuju keberhasilan Reformasi Birokrasi yaitu
“Tolak ukur keberhasilan reformasi birokrasi salahsatunya dengan penataan SDM dengan memperhatiakan Kualifikasi, background pendidikan sesuai dengan pekerjaan;
Kompetensi, melalui capaian kinerja dari kontrak kerja; dan Kinerja, ASN tidak hanya bekerja tapi berkinerja, bekerja yang memiliki target,” ungkap Nizar.

Dalam kesempatan yang sama Kakanwil  memaparkan capaian kinerja pelayanan bidang keagamaan Kanwil Kemenag Prov. Jateng dan perolehan prestasi tahun 2020. 

“Kanwil Kemenag Prov. Jateng merupakan Kanwil pertama yang melengkapi submit progres ZI kepada Menag, kemudian target tahun 2021, sebanyak 13 Kemenag Kab/Ko yang memperoleh predikat WBK dan WBBM serta peningkatan perolehan prestasi Madrasah baik tingkat Nasional maupun Internasional,” papar Kakanwil.

Pada acara tersebut diberikan bantuan dari Satgas Covid Kemenag RI kepada Kanwil Kemenag Prov. Jateng sebesar Rp. 60.000.000 yang diserahterimakan oleh Sekjen kepada Kakanwil Kemenag Prov. Jateng. (qq0