Pentingnya Sistem Informasi Haji yang Valid

Kota Magelang – Membangun pelayanan Haji yang baik adalah dengan penyajian data yang valid, dan menempatkan data sebagai daya dukung dalam pelaksanaan program. Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Megelang, Sofia Nur, saat menerima kunjungan kerja Pranata Komputer sistem informasi haji  di Kantor Kementerian Agama Kota Magelang, Kamis, (28/01).

“Data untuk pelaksanaan program harus disajikan dengan baik dan benar serta mampu di baca dan dipahami masyarakat,” kata Sofia Nur.

Lebih lanjut disampaikan bahwa dimasa pandemi covid-19 ini pelaksanaan haji dan umroh dilaksanakan dengan secara selektif, mengingat kondisi saat ini. Untuk itu penyampaian informasi harus sangat hati-hati mengingat masyarakat mudah mengakses informasi dari sumber yang tidak valid.

“Informasi yang kurang bertanggung jawab sering di sampaikan oleh berbagai sumber berita.Untuk itu sebagai pelaksana kita wajib memberikan informasi yang sesuai dengan kondisi,” jelas Sofia Nur.

Kunjungan Kerja Pranata Komputer Sistem Informasi Haji Kantor Wilayah Kementerian Agama Kota Magelang di terima langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kota Magelang, di dampingi pengelola Seksi Haji dan Umroh, Elliza Indriani.

Panata Komputer Sistem Informasi Haji Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Abdul Djalil menyampaikan dalam keterangannya bahwa informasi yang disajikan dimasyarakat harus valid, untuk itu pemutahiran data ini penting untuk dilakukan koordinasi dan pengotrolan data di daerah, seperti yang kami lakukan saat ini ke Kantor Kementerian Agama Kota Magelang yang juga menjadi pelayanan haji.

Harapannya, dengan pemutahiran data yang dilaksankan ini dapat menyajikan data ke masyarakat secara terstruktur dan dapat diakses dengan mudah, sehingga informasi diterima oleh masyarakat adalah sudah valid. (Wahono/Sua)