Penyerahan Satya Lancana Karya Satya, mengawali tugas sebagai Kepala Kemenag Kota Surakarta

Surakarta – Kementerian Agama Kota Surakarta melaksanakan proses Penyerahan Piagam dan Penyematan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya Tahun 2021 bagi 53 aparatur negeri sipil Kementerian Agama Kota Surakarta yang telah mengabdi selama 10, 20 dan 30 tahun (19/1). Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta,Hidayat Maskur yang mulai menjabat sejak 15 Januari 2021 menyampaikan pesan dari Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas.

“Syarat untuk bersama-sama menciptakan Kementerian Agama baru artinya mewujudkan perubahan dari kehidupan sebelumnya menuju pada hari-hari berikutnya,”tuturnya.

3 ciri yang menjadi landasan utama untuk mewujudkan Kementerian Agama baru :

  • Manajemen pelayanan dan perbaikan reformasi birokrasi dengan sistem pembangunan Zona Integritas
  • Munculnya sikap moderasi beragama dengan menempatkan aparat kementerian agama berada di tengah-tengah terkait dengan banyaknya ujian dan cobaan yang berupaya menghancurkan Negara Indonesia melalui media komunikasi
  • Menerapkan sikap dan rasa persaudaraan dalam kehidupan beragama sebangsa dan setanah air di Bumi Pertiwi

Tak lupa, Hidayat mengucapkan selamat kepada ASN Kementerian Agama Kota Surakarta yang telah mendapatkan anugerah satya lancana. Penghargaan tersebut merupakan salah satu bentuk penghargaan dari Presiden bagi ASN yang telah mengabdi selama 10, 20 dan 30 tahun.

“Penghargaan ini tidak serta merta diberikan begitu saja tetapi justru menjadi tantangan pada tugas-tugas berikutnya,”tambahnya.

Hidayat Maskur menekankan bahwa untuk meraih suatu prestasi itu gampang, tetapi untuk mempertahankannya itu jauh lebih sulit.

“Mempertahankan sikap dan perilaku seseorang yang telah menerima penghargaan satyalancana ini nantinya tanggungjawab dan tugasnya menjadi contoh, teladan dan panutan di lingkungan Kementerian Agama khususnya”, jelasnya.

Terakhir, dengan penyerahan tanda kehormatan ini ASN diharapkan dapat memberikan inovasi dan perbaikan di Kementerian Agama pada masa-masa yang akan datang. (hnf/my/rf)