Penyuluh Agama Islam Kankemenag Wonosobo Harus Mampu Dampingi Mualaf

Wonosobo – Ketua Pimpinan Daerah Majlis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Wonosobo Dr. KH Muchotob Hamzah membimbing Dian Oktaviana Susanto salah seorang warga Kelurahan Wonosobo Barat, Kecamatan Wonosobo membaca dua kalimat syahadat di Masjid Kampus Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Wonosobo, Senin (26/01).

Dr. KH Muchotob Hamzah  mengungkapkan rasa syukur dapat membimbing ikrar Syahadat sebagai rukun Islam yang pertama dan awal pernyataan masuk Agama Islam dan diharapkan selanjutnya melaksanakan rukun Islam .

“Syahadat ibarat rumah sebagai pondasinya, sholat sebagai saka penyangga, zakat sebagai dinding, puasa ibarat jendela dan haji sebagai atapnya, bila dapat dilaksanakan dengan baik dan sempurna akan bahagia dunia akhirat,” kata Kiai Muchotob Hamzah dalam tausyiah.

Hadir dalam kesempatan itu juga Drs. H. Samsul Munir Amin, selaku Ketua Rumah Mualaf MUI Wonosobo menambahkan mbak Dian akan dibimbing di Rumah Mualaf MUI Wonosobo dalam menjalankan kewajiban menjadi seorang muslim.

“Di rumah mualaf saudari Dian bisa semangat bergabung dengan saudara-saudara mualaf lainnya untuk mendalami ajaran Islam sebagai bekal pengamalan syariat Islam agar iman tetap teguh, semangat beribadah tetap kokoh ,” imbuhnya.

Dalam kesempatan lain Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo Drs.H. Ahmad Farid M.Si., menyampaikan bahwa apresiasi kepada MUI Wonosobo telah melakukan bimbingan kepada mualaf yang sudah masuk agama islam. Tentunya hal ini menjadi catatan penting karena mualaf juga perlu dibimbing dalam memeluk agama islam, tak sekedar ikrar mualaf kemudian tanpa diberi bimbingan selanjutnya.

“Kantor Kementerian Agama Kab. Wonosobo melalui Penyuluh Agama islam juga harus mampu nantinya membimbing mualaf tersebut serta yang lainnya hingga mualaf tersebut mampu menguasi ilmu agama islam, serta implementasi ilmu agamanya, sehingga agama islam dapat tertanam baik, serta terpancar darinya sebagai agama yang rohmatan lil alamin,” tutur Farid.

Pada acara tersebut hadir menyaksikan prosesi Ikrar masuk Islam Penyuluh Agama Islam Kabupaten Wonosobo serta Civitas Akademika UNSIQ.  Acara ditutup dengan doa dan penyerahan piagam ikrar masuk Islam oleh Untaji Affan, S.Ag dari KUA Kecamatan Wonosobo sebagai bukti masuk Islam dan untuk mengurus administrasi kependudukan. PS-WS/qq