Peringati HAB Ke-75, Kemenag Wonogiri Gelar Upacara Terbatas dan Sederhana

Wonogiri – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri menggelar upacara untuk memperingati Hari Amal Bakti (HAB)  ke-75 Kementerian Agama RI Tahun 2021, Selasa, (5/1), bertempat di halaman kantor setempat.

Namun, upacara bendera kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena dalam suasana pandemi Covid-19. Pada tahun ini, Kantor Kemenag Kabupaten Wonogiri menggelar secara sederhana dan terbatas yang dihadiri sekitar 50 peserta terdiri dari pejabat / ASN di lingkungan Kantor Kemenag Wonogiri. Karena Pandemi seluruh  peserta upacara wajib menegakkan protokol kesehatan dengan memakai masker serta jarak peserta di atur sekitar 1 meter.

Kasubbag TU Kantor Kemenag Wonogiri, H. Hariyadi, bertindak sebagai inspektur upacara mewakili Ka. Kankemenag yang sedang sakit. Dalam amanatnya, Kasubbag TU membacakan sambutan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Peringatan HAB ke-75 Kemenag tahun ini mengusung tema “Indonesia Rukun”. Tema tersebut sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju.

Menurut Menteri Agama, semangat Kemenag baru dapat diterjemahkan dengan tiga kata kunci. Pertama, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik.

“Termasuk di dalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan. Serta pusat pelayanan keagamaan,” kata Menag dalam sambutannya yang dibacakan Kasubbag TU.

Selanjutnya kata kunci yang kedua, penguatan moderasi beragama. Penekanan moderasi beragama antara lain pada aspek penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi, dan nilai-nilai kebangsaan. Ketiga, mengokohkan persaudaraan meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan se-Tanah Air, dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan.

Selesai upacara dilanjutkan pengumuman dan penyerahan hadiah dan uang pembinaan berbagai perlombaan yang digelar PGRI Cabang Khusus Kemenag dalam rangkaian menyambut HAB Kemenag. Lomba-lomba tersebut antara lain lomba bulu tangkis, penulisan esay/artikel tentang moderasi dan lain sebagainya.(mursyid/Sua)