Pokjawas Kab. Tegal Ngobrol Pintar untuk Wujudkan Madrasah yang Unggul

Tegal (Slawi) – Sehari setelah Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tegal melaunching Kegiatan “Ngopi Bareng Menuju Program Sahabat Madrasah, Pokjawas Madrasah Kemenag Kab. Tegal melaksanakan Kegiatan “Ngobrol Pintar, Satu Jam Ngopi Bareng Pengawas Madrasah” pada Rabu (27/01/2021) di Taman Zona Integritas Kemenag Kab. Tegal. Hadir dalam acara ini Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Ketua Pokjawas dan Pengawas Madrasah Aliyah dan diikuti oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tegal dengan Zoom Meeting.

            Dalam Penjelasannya, Shofar Sholahudin Bisri, salah satu Pengawas Madrasah, menegaskan bahwa kegiatan “Ngobrol Pintar, Satu Jam Ngopi Bareng Pengawas Madrasah” ini merupakan salah satu usaha untuk mewujudkan peningkatan mutu dengan mengembangkan potensi Madrasah agar layanan pendidikan semakin baik. Menurutnya Para Pengawas Madrasah memegang peranan yang sentral dalam mewujudkan tujuan itu.

            “Kegiatan ini kita  beri  nama “Ngobrol Pintar, Satu Jam Ngopi Bareng Pengawas Madrasah”. Sambil minum kopi, kita membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan usaha-usaha untuk memajukan Madrasah. Kegiatan ini akan dilaksanakan sebulan sekali, dan untuk sementara dengan cara zoom meeting mengingat situasi saat ini masih situasi pandemi  Covid-19,” jelas Shofar Sholahudin Bisri.

            Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tegal, Sukarno, mengarahkan agar Para Pengawas Madrasah, melalui kegiatan pengawasannya, membantu Madrasah-madrasah untuk berani terus-menerus berbenah diri sehingga bisa memberikan layanan yang optimal kepada peserta didik dan kepada masyarakat pada umumnya.

            “Para Pengawas Madrasah memegang peranan yang amat penting dalam mewujudkan Madrasah yang unggul sesuai dengan slogan Madrasah Hebat Madrasah Bermartabat. Para pengawas bisa memacu Madrasah-madrasah untuk bersinergi, saling membagikan keunggulan masing-masing sehingga pada akhirnya semua Madrasah bisa berkembang lebih baik,” jelas Sukarno.

            Sukarno juga menambahkan agar Para Pengawas tetap konsisten dalam menjalan program  ini. “Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari KMA Nomer 184 Tahun 2019 yang isinya mendorong Madrasah untuk melaksanakan peningkatan kualitas Madrasah, yang kemudian ditindaklanjuti dengan Surat Kakanwil Provinsi Jawa Tengah dengan mengeluarkan Pedoman Peningkatan dan Pemerataan Mutu Pendidikan Melalui Program Sahabat Madrasah. Mari kita sukseskan program ini,” pungkas Sukarno. (AS/qq)