Sukarno Dorong KKG PAI untuk Terus Berinovasi di Masa Pandemi

Tegal (Slawi) – Pandemi bukanlah halangan untuk berprestasi dan berinovasi. Justru dalam masa pandemi, inovasi sangat diperlukan mengingat keterbatasan  jarak, ruang dan waktu untuk mengadakan pembelajaran melalui tetap muka. Karena itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tegal, Sukarno, mendorong Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Kab. Tegal untuk terus berinovasi di masa pandemi covid-19 ini. Demikan disampaikannya dalam Kegiatan Pembinaan KKG PAI SD Kab. Tegal tahun 2020 yang dilaksanakan  pada Kamis (28/01/2021) di Rumah Makan Cafe Slawi.

            Acara yang dihadiri oleh Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kemenag Kab. Tegal, Ketua Pokjawa PAI dan perwakilan dari Pengurus KKG PAI SD Kecamatan se Kab. Tegal itu diisi dengan laporan kegiatan KKG PAI SD Kab. Tegal tahun 2020. Kegiatan yang telah dilakukan selama tahun 2020 antara lain meliputi pembuatan video media pembelajaran, wibinar pembelajaran dan penilaian kurikulum 2013 di masa pandemi, pelatihan online pembuatan media pembelajaran dan mengikuti lomba-lomba dalam rangka HUT KKG PAI SD.

            “Untuk kegiatan KKG PAI SD Tahun 2021 yang sudah diagendakan antara lain diklat pembelajaran melaui microsoft power point dan video pembelajaran, kegiatan kolektif guru secara virtual, pembuatna video pembalajaran untuk mendukung kegiatan belajar siswa di rumah, lomba MAPSI, dan pembaharuan modul KKG PAI SD.” Demikian disampaikan oleh Ketua KKG PAI SD Kab. Tegal.

            Dalam pengarahannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tegal, Sukarno,  mengajak para guru Pendidikan Agama Islam untuk terus meningkatkan kompetensinya. Kompetensi itu bisa dikembangkan dalam kegiatan bersama dalam wadah KKG PAI SD.

            “Gunakan KKG PAI sebagai wadah dan sarana untuk pengembangan diri dan kelompok kerja guru. Dengan saling berbagai informasi, pengetahuan dan keterampilan dalam proses pembelajaran, para guru dapat semakin mengembangkan kompetensinya dan pada akhirnya mampu membuat inovasi yang berarti di masa pandemi ini,” ajak Sukarno.

            Dihubungi secara terpisah, Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kemenag Kab. Tegal, Muhaimin, berterima kasih kepada Pengurus KKG PAI yang telah menyukseskan program tahun 2020. “Saya berharap program tahun 2021 ini dapat dipersiapkan dengan baik dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. Saya juga berharap para guru PAI juga tidak lalai dalam memenuhi tuntutan administratif terkait dengan tugas pengajarannya,” harapan Muhaimin. (AS/qq)