081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Wejangan Kakanwil Kemenag Prov Jawa Tengah lewat Geguritan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta – Kakanwil Kemenag Prov Jawa Tengah, Musta’in Ahmad hadir dalam kegiatan Sarasehan dan Doa Peringatan HAB ke-75 Kemenag RI (06/05) di Eks SDN Jayengan. Sebelum menyampaikan sambutan berbentuk sarasehan, Beliau berpesan dan memberikan nasihat lewat Geguritan. Puisi berbahasa Jawa, bentuk karya sastra dalam tulisan yang iramanya dibuat memakai tatanan yang indah. “Saya akan mencoba juga menyampaikan geguritan, tetapi saya blm kelasnya untuk menyampaikan ke pak wali, jd akan sy carikan timing yg tepat, untuk itu saya tujukan untuk teman-teman saya di Kemenag Kota Surakarta,” tuturnya. Geguritan yang dibacakan oleh Kakanwil Kemenag Prov Jawa Tengah, bertajuk “Kemenag Jateng Majeng”.

Majeng mengku werdi kang wigati

Moderasi ing satataning Agami

Akuntabel anjiwo para satriyaning nagari

JErnih ing cipta, rasa,karsa kang nyawiji

NGayomi dadyo srana tentreming ati

 

            Kemenag Jateng kudu bisa jaga praja

            Tansah Rukun sanajan beda agama

            Radikalisme wajib disingkirno

            Ayem tentrem kang samya sinedya

            Kanggo sarana Kuncaraning bangsa

 

Budaya Kerja ing Kementerian Agama

 Integritas Abdi Nagara datan kuciwa

Profesionalitas Wajib dilestarekna

 Inovasi di udi lan ditata kanthi tumata

 Tanggungjawab lan keteladanan kudu sampurno

 

            Wejanganku tumrap manggalaning praja

            Kang Makarya ing  Kemenag Kuta Surakarta

            Kerja Ikhlas tansah nyawiji jroning wardaya

            Kerja cerdas lan Keras nanging  wicaksana

            Kerja Tuntas digayuh kanthi sampurna

 

Makna yang tersampaikan dalam geguritan yakni Majeng, tag line Kemenag Jateng yang berarti Moderasi, Akuntabel, JErnih dan NGayomi. Kementerian Agama harus bisa menjadi rumah yang senantiasa rukun, menyingkirkan radikalisme, tentram sejahtera. Budaya kerja, integritas, profesionalitas, inovasi, dan tanggungjawab yang sempurna bagi para punggawa Kemenag. Serta wejangan untuk bekerja ikhlas, cerdas dan tuntas.

Sebagai penutup, terlantun indah oleh beliau dua baris tembang macapat pangkur, “Kang tumrap ning tanah Jawa, Agama ageming aji.” artinya yang berlaku di tanah Jawa bahwa agama itu merupakan pegangan bagi para pemimpin.

Sarasehan di tengah pandemi memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Ke-75 Kementerian Agama RI menghadirkan nuansa yang erat dengan budaya Jawa. Karawitan sederhana “Kuncoro Laras” dipimpin oleh Wardimin, Waka Kurikulum Madrasah Aliyah Negeri 1 Surakarta. (hnf/my/rf)