Cahyo: Guru PAI SMP Harus Kreatif dan Melakukan Inovasi Pembelajaran

Wonogiri – Kepala Kankemenag  Wonogri, H. Cahyo Sukmana di damping Kasi PAKIS, Sarwono menghadiri acara Sosialisasi Portal Pembelajaran PAI dan Pembinaan, yang di selenggarakan pengurus MGMP PAI SMP Kabupaten Wonogiri, Rabu kemarin (27/01), di Aula RM. Sari Raras Wonogiri yang di ikuti oleh 30 guru PAI SMP dan turut hadir pengawas pendidikan Agama Islam SMP.

Kegiatan bertujuan untuk memfasilitasi dan membantu Guru PAI SMP Kab. Wonogiri dalam menyusun perangkat pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19 serta pembekalan material spiritual.

Dalam pembinaannya Ka. Kankemenag Wonogiri menyampaikan bahwa di saat pandemi covid-19 MGMP PAI SMP mempunyai peranan penting dalam menyamakan langkah dalam pembelajaran di saat tatap muka tidak di perbolehkan.

Dengan acara Sosialisasi Portal Pembelajaran PAI diharapkan dapat menjadi stimulus guru agama Islam SMP di masa pandemi Covid 19. Menurutnya dengan metode daring dan luring peserta didik tetap mendapatkan pembelajaran agama Islam dengan menggunakan fasilitas jaringan internet sehingga tidak menjadi penghalang baik guru maupun peserta didik.

Sistem daring/luring sebagai pembelajaran jarak jauh tetap sesuai dengan pembelajaran di sekolah dimasa pandemi, selain itu guru, siswa serta orang tua harus saling memahami aplikasi yang akan di gunakan. “Profesional guru dalam mengunakan Teknologi Informasi tidak menjadi kebosanan siswa dalam menerima materi,” ujar Cahyo Sukmana.

Menurutnya pandemi covid-19 makin menegaskan akan penting dan perlunya teknologi informasi sebagai solusi dan jembatan agar tetap berlangsungnya kegiatan belajar melajar (KBM). Situasi pandemi Covid-19 telah menempatkan peran guru PAI termasuk sebagai salah satu figur penting dalam membangun solusi tersebut.

“Patuhi semua aturan sesuai protocol kesehatan, dalam melaksanakan tugas, yaitu dengan mencuci tangan, tidak berkerumun (Social Distancing) dan menjaga jarak (physical distancing), menggunakan masker, sediakan handsanitizer dan pastikan kondisi tubuh kita sehat dalam menjalanan tugas,” harap Cahyo.

Tidak lupa Ka. Kankemenag berharap para guru PAI SMP harus kreatif dan mau melakukan inovasi pembelajaran yang merupakan solusi yang perlu didesain dan dilaksanakan dengan memaksimalkan media yang ada seperti media online.(Mursyid/Sua)