DWP Kemenag Kab. Temanggung Ikuti Louncing DWP Kemenag RI Peduli Bencana

Temanggung – Ketua dan Pengurus Dharma Wanita Kementerian Agama KabupatenTemanggung mengikuti kegiatan launching virtual DWP Kemenag RI peduli bencana melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (2/02). Mengusung tema “Bersinergi, Berbagi Rizki, Mengembalikan Energi”.

Gerakan ini dilatarbelakangi kepedulian DWP Kementerian Agama, atas banjir yang terjadi di Kalimantan Selatan dan gempa di Sulawesi Barat.

Penasehat DWP Kementerian Agama RI, Hj. Eny Yaqut Cholil dalam sambutannya menyampaikan perlunya bersinergi dengan banyak pihak untuk memanfaatkan potensi yang dimiliki berupaya mengembalikan energi, memberikan semangat kepada masyarakat terkena bencana. Energi positif yang diberikan akan membuat mereka bersabar.

“Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama (DWP-Kemenag) juga merasakan keprihatinan dan duka yang sama. Untuk itu, kita wajib berbuat sesuatu yang dapat meringankan beban mereka yang tertimpa bencana. Yang berpunya harus membantu yang tertimpa bencana,” katanya.

“Berangkat dari niat mulia tersebut, kami bersepakat untuk menggagas gerakan Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama Peduli Bencana,” imbuhnya.

Tampak hadir penasihat DWP Kemenag, Halimah Zainut Tauhid Sa'adi, Ketua DWP Kemenag, Farichah Nizar, serta pengurus DWP Kemenag Pusat. Acara ini juga diikuti oleh 500 lebih anggota DWP Kemenag se-Indonesia secara virtual.

Sementara Ketua DWP Kementerian Agama RI, Farichah Nizar Ali dalam laporannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada penasehat DWP Kemenag RI, atas sumbangsih ide dan gagasan yang telah diberikan oleh penasehat DWP.

“Ucapan terima kasih kami sampaikan atas reaksi positif dari DWP Kanwil Kemenag, DWP PTKIN, DWP Kab/Kota dan masyarakat umum serta para donatur yang telah bersinergi bersama-sama menggalang donasi dari Sabang sampai Merauke,” ujarnya.

Donasi DWP Kemenag RI Peduli Bencana dengan total sebesar Rp.1.221.202.950 diperoleh dari lelang 34 karya Penasehat DWP Kemenag RI, sumbangan ibu Wakil Menteri, DWP Kemenag RI, DWP Kanwil Kemenag, DWP Kemenag Kabupaten/Kota dan DWP PTKIN se-Indonesia. Bantuan donasi telah disampaikan secara simbolis oleh Sekretaris Jenderal Kemenag RI, H. Nizar Ali pada tanggal 28 Januari 2021 di Kalimantan Selatan dan bantuan bagi korban bencana di Sulawesi Barat akan diserahkan secara simbolis oleh Sekjen pada Sabtu, 6 Februari 2021mendatang.

Pendistribusian barang menurut Farichah Nizar, dilakukan berdasarkan permintaan masyarakat terdampak yang telah diverifikasi oleh tim DWP Kemenag di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

“Seluruh pembayaran pembelanjaan dilakukan dengan metode transfer. Saya ingatkan juga, semua dana donasi yang terkumpul tidak diperkenankan untuk digunakan sebagai biaya transportasi penyerahan bantuan. Biaya transportasi maupun tips bagi penerima bantuan diambil dari dana kas DWP Kemenag,” pesannya. (sr)