FK-PAI Kec Laweyan Selenggarakan Pelatihan Video Kreatif

Surakarta – Para Penyuluh Agama Islam Non PNS memiliki adah guna melaksanakan dan memudahkan koordinasio sesama penyuluh dan PAIF Kemenag Kota Surakarta. Forum Komunikasi atau biasa disebut FK-PAI Kecamatan Laweyan yang berjumlah 8 orang, beserta 1 PAIF menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Video Grafis di Aula KUA Kec Laweyan (11/02). Kegiatan dimaksimalkan dan ditujukan untuk seluruh penyuluh agama Islam Non PNS dengan menghadirkan pemateri Habibi Rohim, seorang ahli IT dan juga youtuber yang berkompeten dalam ilmu desain grafis khususnya editing video.

Mengawali kegiatan, Penyuluh Agama Islam Fungsional Kecamatan Laweyan, Fitrotun Rahmawati menyampaikan sambutan dan menyampaikan harapannya. “Tujuan pelatihan ini adalah untuk menambah ilmu dan kreatifitas penyuluh dalam membuat video dakwah,”ujarnya. Fitrotun menjelaskan bahwa tugas penyuluh selalu dituntut untuk memberikan inovasi-inovasi dalam menyebarkan dakwah di majlis-majlis binaan. “Apalagi saat ini, kita berkewajiban untuk mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan, bahkan beberapa majlis taklim belum berani untuk melaksanakan kegiatan tatap muka maka cara yang baik adalah dengan video yang dapat disimak oleh masyarakat,”imbuhnya. Kegiatan ini juga sebagai penunjang dan tindak lanjut perintah Menteri Agama lewat Kepala Kankemenag Kota Surakarta dalam menyosialisasikan protokol kesehatan 5M yang dikemas dalam bentuk audio visual.

Habibi Rohim menyampaikan sedikit teori dan langsung meminta peserta kegiatan untuk praktek. “Langsung saja kita bikin, meskipun hanya dengan hp namun hasilnya akan kita buat maksimal,” ujarnya. Peserta kegiatan antusias mengikuti petunjuk dan tehnik yang dicontohkan narasumber. Pertanyaan dari peserta juga bermunculan secara spontan dan santai sehingga dapat langsung dijawab dan dijelaskan oleh pemateri. Beberapa tehnik diajarkan antara lain, efek fade in fade out, penggabungan slide dan lain sebagainya. (fit/my/bd)