Guru MIN 1 Kendal Lulus Seleksi Tahap Akhir Calon Penyusun AKSI-Madrasah

Kendal – “Terharu dan campur aduk,” demikian ungkap Yuli Ambar Sari salah satu guru MIN 1 Kendal dalam status Whatsappnya saat menerima pengumuman hasil seleksi tahap III (tahap akhir) calon penyusun Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI), Kamis (18/02).

Yuli dinyatakan lulus setelah melalui tiga tahapan seleksi. Tahap pertama seleksi administrasi, yang mana peserta diminta untuk melengkapi persayaratan administrasi, salah satunya membuat soal tetapi hanya dua butir sesuai kisi-kisi yang ditentukan panitia. Tahap kedua seleksi akademis, peserta diminta  menjawab 89 soal dalam waktu  60 menit. Selanjutnya tahap ketiga wawancara dengan dua penguji, penguji pertama menanyakan seputar pemahaman tentang AKSI dan kesiapan peserta jika lolos menjadi penulis soal.  Sedangkan penguji kedua,  menanyakan seputar matematika karena sesuai dengan literasi yang diaambil, yakni numerasi.

“Alhamdulillah, tahapan demi tahapan  dapat saya lalui dengan lancar dan sukses, hingga akhirnya dinyatakan lulus sebagai Tim Penulis Instrumen AKSI-Madrasah. Saya bersyukur sekali, hampir saja tidak menyangka, karena saingannya para senior  dan ada beberapa yang lulusan S2,” ujarnya.

Sukses besar menjadi tim penulis AKSI ini juga berkat adanya  motivasi dari dalam  Yuli, dimana  ada keinginan yang kuat untuk mempelajari hal-hal yang baru, sehingga ketika ada pengumuman seleksi penulis AKSI jenjang MI, tergerak hati untuk mengikutinya.

“Saya memang suka mempelajari hal-hal yang baru. Jadi,  saya itu sangat antusias kalau dilibatkan dalam event semacam AKSI ini. Mumpung masih muda, tenaga dan pikiran masih bisa bekerja secara maksimal.” imbuhnya.

Melalui Tim Penulis AKSI-Madrasah ini Yuli berharap,  semoga apa yang dikerjakan sedikit banyak bisa berkontribusi untuk kemajuan pendidikan di Indonesia terutama di Madrasah Ibtiaiyah dan semoga teman-teman guru, khususnya di MIN 1 Kendal bisa terinspirasi dari pencapaian yang diperolehnya.

Segenap civitas akademika MIN 1 Kendal mengucapkan Selamat dan Sukses atas prestasi Yuli Ambar Sari dalam seleksi Penulis AKSI-Madrasah. Ucapan selamat ini sangat bermakna, karena saat itu seluruh guru berkumpul dalam kegiatan rapat rutin KKG dengan tema yang sama, bedah AKSI dan survey karakter. Oleh karena itu Kepala Madrasah langsung memberikan penghargaan  didampingi nara sumber yang juga sebagai penulis asesmen, yakni Asesmen Kompetensi Minimal (AKM).

“Selamat dan sukses kepada bu Yuli Ambar Sari, ini adalah seleksi terakhir. Setelah itu siap untuk mengikuti orientasi, bimtek, dan penyusunan instrument AKSI-Madrasah,” ungkap Subiyono selaku Kepala MIN 1 Kendal. (sby/bel/rf)