Kemenag Kendal Dorong KUA Kampanyekan 5M

Kendal – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal, H. Mahrus melaksanakan monitoring dan kunjungan kerja ke KUA kecamatan Sukorejo guna melihat standar dan proses pelayanan secara langsung. Kegiatan ini merupakan rangkaian agenda kampanye yang berfokus pada penerapan protokol kesehatan dalam pelayanan di Kantor Urusan Agama, Rabu (17/02).

Mengingat KUA merupakan ujung tombak dari Kementerian Agama dalam pelayanan kepada masyarakat, maka kegiatan ini dilakukan selain untuk silaturahmi juga sebagai monitoring guna mengetahui secara langsung keadaan KUA, kendala-kendala apa yang dialami oleh KUA terutama dalam situasi pandemi ini.

Usai berkeliling menilik bangunan KUA, kepala Kemenag melontarkan beberapa pertanyaan terkait SOP setiap layanan, layanan KUA di masa pandemi Covid-19, hingga kendala yang sering ditemui dalam memberikan layanan di KUA.

Mahrus menekankan agar KUA memiliki standar pelayanan prima kepada masyarakat, sebagai kontribusi dalam membangun zona integritas KUA juga harus transparan dan menghindari praktek KKN (korupsi, kolusi, nepotisme). Selain itu dirinya mengingatkan kembali, penerapan 5M harus diperketat dalam setiap kegiatan.

“KUA harus mampu membina dan mengayomi masyarakat melalui inovasi dan ide-ide dalam masalah pelayanan, setiap pegawai juga dituntut memberikan pelayanan prima”

Dalam kunjungannya, Mahrus disambut langsung oleh kepala KUA Sukorejo, Mulazin yang menyampaikan terimakasih atas kunjungan tersebut dan membuka ruang untuk menerima masukan dari pimpinan guna perbaikan sistem pelayanan di KUA.

“Kami merasa terhormat atas kunjungan ini dan kami juga menerima berbagai saran maupun masukan dari kepala Kemenag guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Mulazin. Ja/bel/rf