Kemenag Siap Sinergi Bareng Badko LPQ Kabupaten Wujudkan Ashabul Qur`an

Temanggung – Badan Koordinasi (Badko) Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (LPQ) Provinsi Jawa Tengah resmi mengukuhkan pengurus Badko LPQ Kabupaten Temanggung Periode 2020-2025. Acara pengukuhan dilaksanakan di Aula Pertemuan Omah Kebon Temanggung, Jawa Tengah dengan dihadiri oleh tim dari Badko LPQ Provinsi Jawa Tengah, Kepala Kantor Kementerian Agama Temanggung, Anggota Dewan Pembina, Dewan Pengawas dan Dewan Pakar Badko LPQ Temanggung, Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Temanggung, serta Ketua Badko LPQ Kecamatan dari 20 kecamatan se-Kabupaten Temanggung.

Kementerian Agama siap sinergi bareng Badko LPQ Kabupaten wujudkan ashabul Qur’an, demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H. Ahmad Muhdzir, di hadapan seluruh Pengurus Badan Koordinasi Lembaga Pendidikan Al Qur'an (Badko LPQ) Kabupaten Temanggung Periode 2020-2025, Kamis (4/2) saat memberikan sambutan pelantikan.

Pada kegiatan yang dihadiri langsung oleh Pengurus BADKO LPQ Provinsi Jawa Tengah ini, Ahmad Muhdzir menyampaikan bahwa pengurus Badko LPQ yang baru saja dilantik dan dikukuhkan adalah orang-orang pilihan. “Kita harus bersyukur, karena tidak semua orang beruntung diamanahi mengurusi Al Qur'an. Kemenag siap bersinergi dengan Badko LPQ untuk mewujudkan ashabul Qur'an,” sambutnya.

Lebih lanjut ditambah, jika selama ini kerjasama, koordinasi dan komunikasi masih belum maksimal, maka mari kita tingkatkan menjadi lebih baik lagi. “Saya menyampaikan permintaan maaf jika selama ini kami masih parsial dalam menjalin koordinasi kelembagaan. Kami membuka diri untuk bersama sama berjuang untuk Al Qur'an,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Badko LPQ Kabupaten Temanggung Nur Budi Handayani dalam pidato pertamanya usai pengukuhan menegaskan bahwa Badko LPQ adalah ormas yang berkekuatan hukum yang mengambil peran kontribusi dan partisipasi pada tiga bidang. “Dengan potensi lembaga, santri dan para ustadznya, kami sebagai ormas fokus pada tiga garapan. pendidikan agama, pendidikan dasar dan pendidikan karakter,” paparnya.

Lebih lanjut ditegaskannya bahwa amanah yang baru saja diembannya memiliki makna soliditas dan kualitas. “Dengan amanah ini, para pengurus saya ajak untuk menjalankan roda organisasi dengan asas kekeluargaan dan kebersamaan. Untuk melengkapi sifat pengabdian. Sehingga kualitas kerja organisasi akan terjaga,” terangnya.

Perlu diketahui, kegiatan pelantikan dan pengukuhan pengurus Badko LPQ Kabupaten Temanggung ini merupakan lanjutan dari Musyawarah Daerah Badko LPQ Kabupaten Temanggung yang dilaksanakan pada Desember 2020 lalu. Selain dinas instansi terkait, hadir pula Ketua Badko LPQ Kecamatan se Kabupaten Temanggung. Usai pelantikan, kegiatan dilanjutkan dengan musyawarah kerja menetapkan program lima tahun ke depan.(sr)