Kepala Kemenag Kukuhkan Pengurus APRI Cabang Temanggung

Temanggung – Pengurus Cabang Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kabupaten Temanggung periode 2020-2024 resmi dikukuhkan. Pengukuhan dilakukan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Temnggung, H. Ahmad Muhdzir. Pengukuhan yang berlangsung di Rumah Makan Omah Kebon, Selasa (23/02) disaksikan oleh Ketua DPW APRI Provinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh H. Solihul Hadi dan H Muqtasid, Kasi Kepenghuluan Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Prov. Jateng

Ketua DPW APRI yang diwakili H. Solihul Hadi menyampaikan harapan kepada para penghulu dengan pengukuhan APRI Cabang Temanggung memiliki komitmen yang kuat dan siap bersama masyarakat Temanggung dalam memberikan pelayanan publik terbaik. “Pelayanan kepenghuluan yang bersih melayani dan ramah menjadi semangat dalam upaya memberikan pelayanan prima pencatatan nikah di wilayah Temanggung,” ungkapnya.

“Dengan adanya APRI ini, kompetensi dan integritas penghulu bisa semakin berkembang sehingga membawa dampak signifikan dan menjaga nama baik marwah Kantor Kementerian Agama,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama H Muqtasid, Kasi Kepenghuluan Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Prov. Jateng mengucapkan selamat kepada Pengurus  APRI Cabang Temanggung semoga amanah dilaksanakan dengan baik bukan hanya simbolis tapi dilaksanakan dengan baik, APRI merupakan pengganti dari Pokjahulu. Logo APRI penuh makna, warna merah yaitu mampu melayani dengan baik kondisi apapun termasuk pada masa pendemi seperti saat ini.

Sementara itu, H. Ahmad Muhdzir, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung selaku pembina APRI, dalam sambutannya menyampaikan organisasi profesi ini memberikan amanah kepada para penghulu untuk memberikan pelayanan terbaik, pelayanan yang bersih melayani.

“Tuntutan profesi menghendaki peningkatan kompetensi penghulu dalam melaksanakan tugas mulia dan istimewa. Hadirnya penghulu saat ijab qabul adalah halalkan yang sebelumnya diharamkan. Sinergitas kerja penghulu harus selalu dioptimalkan, berikan pelayanan yang maksimal. Penghulu harus menarik dan membuat semua yang dilayani senyum bahagia karena pelayanan terbaiknya. Kerja yang profesional dan layanan kepada masyarakat harus maksimal,” harapnya.

“Hal yang perlu disadari bahwa tujuan dibentuknya APRI sebagai tempat dalam menunjang dan meningkatkan kompetensi para penghulu. Melalui APRI ini kita harapkan SDM mereka semakin meningkat guna meningkatkan integritas para penghulu,” ujarnya.

Lebih jauh lagi beliau berharap, para penghulu yang tergabung dalam APRI Temanggung ini bekerja secara profesional dan mengedepankan ilmu pengetahuan serta menghindari hal-hal yang melanggar yang tidak berkesesuaian dengan tugas-tugas sebagai penghulu. Membangun pelayanan nikah ditingkatkan lebih baik agar masyarakat puas atas pelayanan.  Sebagai simbol warna jaket biru dengan makna biru langit artinya menaungi  artinya penghulu harus bisa menaungi dan menunjukkan arah bagi orang lain seperti bintang dilangit.(sr)