Kiat Tanpa Gagap Kelola DIPA 2021

Wonosobo – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo melalui Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo selenggarakan  Rakor Persiapan Pelaksanaan Anggaran Tahun 2021, acara diselenggarakan di RM. Resto Garden dihadiri oleh Kepala Kantor, Kasubag Tu, seluruh Kasi dan Kagara serta bendahara pada satker Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kab.Wonosobo. 1/2

Acara yang diselenggarakan sesuai dengan protap covid19 penerapan 3M berjalan dengan lancar dan tertib, sebagai laporan pembuka awal oleh Drs.H. Mahbub MAg selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kemenag, dilanjutkan dengan penyerahan Pakta Integritas pelaksanaan DIPA serta Penyerahan Perkin Pengelolaan DIPA 2021.

Materi awal disampaiakan oleh Drs.H. Ahmad Farid MSi. Dalam sampaiannya beliau sampaikan bahwasanya persiapan dalam  menghadapi pelaksanaan DIPA 2021 harus dipersiapkan dengan baik, salah satu indikatornya adalah minimnya tingkat revisi DIPA, dalam pelaksanaannya pun harus mempertimbangkan tentang regulasi tentang pencegahan Covid19.

“beberapa program Kementerian Agama di tahun 2021 yang telah kami sampaikan diberbagai acara sebelumnya ya, antara lain adalah terkait pencegahan Covid19, person di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo harus menjadi tauladan, antara lain dengan patuh pada protokoler covid, tak lepas dari ini ya implementasi DIPA 21 juga harus mengedepankan protokoler covid19” jelas Farid.

Dalam paparan kepala kantor menganai kisi kisi pelaksanaan anggaran juga beliau sampaikan agar dalam pelaksanaan serta dokumentasi SPJ untuk diperhatikan dengan baik dateline nya, hal ini diharapkan menjadi kebiasaan nantinya, sehingga sikap GAGAP tidak muncul saat ada pemeriksaan dari pihak internal maupun external.

“pentingnya sikap tertib administrasi harus selalu ada dibenak pelaksana DIPA, tertib dan tepat waktu dalam pelasanaan sampai dengan SPJ, biar ga gagap saat ada auditor dari manapun. Revisi anggaran agar cermat dan tanggap karena pemangkasan anggaran selalu update dari kanwil, dan anggaran yang sudah dipangkas untuk diuperbaiki output kegiatannya” rinci Farid dalam sela penjelasan implementasi Dipa Kemenag Wonosobo 2021.

Pentingnya telaah DIPA pada rakor diawal tahun diharapkan mampu menjabarkan detail pelaksanaan hingga akhir tahun 2021, realiasai belanja modal diawal tahun akan menjadi efektif dalam pelaksanaan DIPA sehingga mobilitas dan operasional kegiatan akan lebih terdukung. PS_WS/qq