MAN Pekalongan Berhasil Kumpulkan 15 Emas, 35 Perak Dan 33 Perunggu

Kab. Pekalongan – Eksistensi Peserta didik MAN Pekalongan kembali ditunjukkan dengan mendulang prestasi dalam ajang Kompetisi Sains Colledge (KSC) yang diselenggarakan COLLEDGE.ID pada tanggal 24 Januari 2021. Peseta KSC Kimia terdiri dari 181 peserta sedangkan peserta KSC Geografi berjumlah 189 . Dua medali berhasil diraih peserta didik dari MAN Pekalongan yaitu , Fira Nadiatul Faizah peraih Perak Mapel Kimia.dan  Dewi Masitoh peraih Perunggu Mapel Geografi

Sedangkan di bulan yang sama pada kompetisi yang berbeda saudari Dewi Masithor peserta didik MAN Pekalongan membuktikan talentanya dengan meraih prestasi dalam ajang “KIJANG MAS” (Kompetisi Sains Jenjang SMA/MA/SMK Tingkat Nasional) yang diselenggarakan FPOKSI (Forum Pecinta Kompetisi Sains Indramayu) pada tanggal 6 Februari 2021. Medali Perak bidang Geografi diraih Dewi Masithoh dengan jumlah peserta 111 peserta didik SMA/MA/SMK se-Indonesia.

Kepala Kankemenag Kabupaten Pekalongan H. Kasiman Mahmud desky mengatakan terimakasih dan memberikan apresiasi pada siswa MAN yang selama 2020 s/d 2021 telah banyak berprestasi melihat situasi Pandemi Covid-19 bukan menjadi alasan untuk malas belajar, malah justru bisa meraih prestasi membanggakan. Seperti puluhan siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kabupaten Pekalongan yang meraih medali pada Kompetisi Sains Colledge (KSC) yang diselenggarakan COLLEDGE.ID kemarin.

MAN Pekalongan Kab. Pekalongan memang belum melakukan belajar tatap muka dan masih belajar daring atau online. Namun semangat siswa untuk memperoleh ilmu dan prestasi ternyata masih tinggi. Siswa siswi MAN dengan tekun berlatih dan gigih mengasah kemampuan berbagai macam bidang pelajaran. Mereka ikut lomba Olimpiade Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, dan Geografi.”terangnya.

Kepala MAN Pekalongan, H. Bukhori, S.Ag menyampaikan semangat berkompetisi yang tak pudar meski pandemi menjadi pelecut yg tak pernah padam untuk mengharumkan MAN Pekalongan di kancah nasional.”tuturnya.

Eksistensi diri menggapai prestasi menumbuhkan kepercayaan diri untuk berkompetisi.Terus memupuk talenta diri menggapai prestasi tak pernah henti. Beliau juga mengatakan mental berkompetisi telah melekat pada siswa siswi MAN Pekalongan  untuk mencapai hasil optimal.

Hj. Kusnani selaku Guru pembina KSN Kimia menyampaikan mendali perak KSC ini menambah pundi-pundi medali seperti yang sudah diraih oleh  Fira Nadiatul Faizah 2 emas (SSC dan PKPI), 3 perak (Screening Test For KSN, OPSI, KSC) dan 2 perunggu (POSI, SOC). Talenta dan eksistensi Fira sangat luar biasa”tuturnya.

Sedangkan Lilik Marliawati, S.Pd Guru pembina KSN Geografi menambahkan pencapaian Dewi Masitoh menunjukan grafik yang meningkat signifikan dengan 1 perak (OPSI) dan 4 perunggu (SSC, SOC, OSI, KSC) prestasi yang diraih dari beberapa medali, MAN Pekalongan dalam kurun waktu 2020 s/d2021 menjadi *83 medali terdiri 15 emas, 35 perak dan 33 perunggu.(hfrn/bd)