Menjadi Pemimpin yang Kuat dan Lapang Dada Melayani Masyarakat

Kota Magelang – Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang melayani dengan sepenuh hati, jabatan sebagai amanat rakyat, kekuasaan langsung adalah kekuasaan rakyat. Untuk itu sebagai pemimpin untuk dapat menegakan kembali cita-cita yang sudah diprogramkan untuk kesejahteraan rakyat, maka berbuat dan berbaur dengan masyarakat akan mengetahui secara langsung keberadaanya. Demikian disampaikan Gubernur Ganjar Pronowo pada pidato pelantikan Bupati dan Walikota se-Jawa Tengah, Kamis (26/02).

“Menjadi pemimpin yang melayani dan memahami keberadaan rakyatnya akan dapat meningkatkan kesejahteraan rakyatnya,” kata Ganjar Pranowo.

Banyak permasalahan yang terjadi dimasyarakat dan membutuhkan perhatian, generasi muda, divabelitas, dan masyarakat kurang mampu yang membutuhkan pendampingan. Generasi muda perlu didorong untuk meningkatkan kualitasnya, divabelitas memilki kompetensi yang harus diperhatikan dan pendampingan, dan masalah kesejahteraan masyarakat kurang mampu juga bagian penting untuk diperhatikan. Derasnya arus informasi diera sekarang ini menuntut seorang pemimpin untuk lebih terbuka baik informasi yang positif atau informasi yang negatif. Untuk itu pemimpin harus menguasai teknologi informasi media sosial yang merupakan salah satu sarana sekarang ini untuk publiksasi ataupun untuk menerima berbagai masukan dari rakyatnya.

“Menyadari segala keberadaan masyarakat maka penyesuaian dalam melaksankan kepeimpinan terhadap rayat penting sehingga mampu memberikan informasi dan menerima informasi,” jelas Ganjar.

Pelaksanaan pelantikan dilakukan secara virtual. “Semuanya dilakukan virtual oleh Gubernur provinsi masing-masing, tetapi terkoneksi langsung dan dipantau oleh Mendagri. Kita akan integrasi dan kerjasama dengan kominfo, humas maupun pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk pelaksanaan pelantikan virtual. Pelantikan Bupati dan Walikota dilakukan virtual serentak oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, sebanyak 21 Bupati dan Wali kota yang dilantik. Semua melalui virtual. Termasuk di Kota Magelang Pelantikan secara virtual Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang bertindak selaku Rohaniwan Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Magelang, KH. Abdurrosyid, S.Pd.I, M.Hum, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Magelang menghadiri acara Pelantikan secara virtual yang di gelar di pendopo pengabdian Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Magelang menyampaikan setelah upacara pelantikan bahwa apa yang terjadi saat ini suatu yang sangat luar biasa mekanisme yang dilaksankan secara virtual dapat berjalan dengan baik. Kemudian apa yang disampaikan oleh Gubernur Jawa tengah dalam pidato pelantikan memberi pesan yang luar biasa untuk kemajuan dan mendorong pemimpin yang dekat dengan rakyatnya.

Harapan kedepan dengan dilantiknya Walikota dan Wakil Walikota Magelang akan memberikan support dalam membangun kemitraan antara pemerintah kota dengan Kementerian Agama dalam pelayanan umat sehingga sinergi untuk kesejahteraan masyarakat Kota Magelang khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya.(Wahono/Sua)