Menjaga Soliditas dan Profesional Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI)

Kota Magelang – Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) sebagai wadah organisasi profesi penghulu berfungsi untuk meningkatkan profesionalisme penghulu. Penghulu harus melaksanakan tugas-tugasnya secara profesional dan pelayanan prima. Penghulu selalu menjaga marwah profesi dan marwah Kementerian Agama di manapun posisinya. Saling asah, asih, asuh dengan sesama anggota Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI). Demikian disampaikan Ketua I APRI Jawa Tengah, Solehul Hadi, pada acara Pengukuhan Pengurus Cabang  Asosiasi Penghulu Republik Indonesia, Selasa (23/02).

“Sebagai Penghulu dalam melaksanakan tugas harus menjunjung tinggi profesionalitas sehingga kualitas penghulu dapat dipertanggung jawabkan,” kata Solehul Hadi.

Kepala Kemenag Kabupaten Magelang, Zaenal Fatah, menyampaikan selamat atas pengukuhan Pengurus Cabang  Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kab/Kota Magelang masa bakti 2020-2024. Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) sebagai organisasi profesi penghulu strategis untuk pembinaan dan peningkatan kualitas penghulu. Penghulu dan/ Kepala KUA merupakan ujung tombak layanan Kementerian Agama. Penghulu harus mempedomani peraturan peraturan yang terkait dengan pelaksanaan tugas dan layanannya. Penghulu harus memiliki kompetensi yang ditentukan dan terus mengembangkan wawasan dan pengetahuan serta selalu menjaga penampilan profesionalnya.

“Penghulu yang bertugas di KUA bersama dengan Kepala KUA merupakan ujung tombak layanan Kementerian Agama,” kata Zaenal Fatah.

Dalam upacara pengukuhan Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) DPW Jateng dilaksanakan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang, dan diikuti oleh semua pengurus cabang. Hadir sebagai kehormatan untuk menyerahkan bendera pataka Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Magelang, Sofia Nur.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Megelang menyampaikan selamat kepada para pengurus Asosiasi Penghulu Rebublik Indonesia Cabang Kabupaten dan Kota Magelang. Dalam kesempatan tersebut, Sofia Nur mengajak semua penghulu selalu meningkatkan kualitas pelayanan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan meningkatkan pendidikan, baik itu umum maupun kediklatan. Sehingga nantinya dalam melaksankan tugas mampu menjadi pelayan masyarakat.

Harapan kedepan dengan pengukuhan Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Cabang Kabupaten dan Kota Magelang mampu mengangkat citra penghulu dan juga meningkatkan kualitas pelayanan dengan inovasi, tanggung jawab dan profesional dalam melaksankan tugas.(Wohano/Sua)