Pengukuhan DPAC FKDT Se Kab. Temanggung dan Pelatihan Membaca Kitab Kuning

Temanggung –  Bertempat  di Rumah Makan Omah Kebon Temanggung  Selasa, (02/02) dilaksanakan Pengukuhan DPAC FKDT se Kabupaten Temanggung dan Pelatihan membaca Kitab Kuning metode Ibtida’i oleh KH.Mujahidin Rachman A.H dari Kudus.

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temnggung, H. Ahmad Muhdzir, DPW  FKDT Jawa Tengah,   Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Temanggung, Kabag Kesra Kabupaten Temanggung, Ketua FKDT Kabupaten Temanggung, Kepala Seksi Pondok Pesantren Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, dan Kepala KUA serta anggota forum yang akan dilantik.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H. Ahmad Muhfzir dalam sambutannya mengatakan bahwa “kegiatan ini merupakan salah satu terobosan positif dalam memotivasi umat Islam untuk lebih bersemangat mempelajari dan mendalami kitab kuning, yang selama ini terindikasi mulai kurang mendapat perhatian masyarakat, hal ini bisa dimaklumi karena beberapa alasan kitab kuning selama ini hanya dipelajari bagi santri di pondok pesantren, tenaga pengajarnya terbatas, dan agak sulit dengan Bahasa Arab tidak berharakah/kitab gundul,” ujarnya.

Kepala Kemenag sangat mendukung bahwa metode cara cepat baca kitab kuning akan menjadi  kurikiulum pada Diniyah Takmilyah. Menurutnya, sangat tepat jika sedini mungkin diadakan pelatihan cara cepat baca kitab kuning metode Amtsilati bagi guru-guru Madrasah Diniyah, sehingga secara estafet cara belajar kitab kuning ini bisa tersosialisasi di masyarakat, khususnya melalui pembelajaran bagi siswa-siswa diniyah. Dengan demikian secara berangsur dan pasti masyarakat akan termotifasi mempelajari dan mendalami rujukan-rujukan ilmu agama yang terkandung dalam kitab kuning.

Sementara itu Ketua FKDT Kabupaten Temanggung K. Zubarkah menekankan pentingnya kerjasama dari pihak-pihak yang lain demi mensukseskan program program madin kedepannya.

Ia menambahkan pelatihan ini merupakan salah rangkaian persiapan dimana metode cara baca cepat kitab kuning ini nantinya akan diterapkan sebagai kurikulum pada Diniyah Takmilyah Awaliyah. Sebagai nara sumber pelatihan ini KH.Mujahidin Rachman A.H dari Kudus.

Selanjutnya Ketua FKDT Kabupaten Temanggung K. Zubarkah mengukuhkan DPAC FKDT Kecamatan se Kabupaten Temanggung dan pembacaan kitab aqidatul awam bersama sama.(sr)