PLHUT Kankemenag Kab. Pekalongan Terima Peralatan Scaner dan 21 Buku Ensiklopedi Penyelenggaraan Haji dan Umrah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kab.Pekalongan – Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kab.Pekalongan, terima bantuan peralatan berupa Scanner Implementasi Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), untuk Penyelenggaraan Haji Dan Umroh Tahun Anggaran 2020 dan 21 buah Buku Ensiklopdia Penyelenggaraan Haji dan Umrah , yang diantar dan diserahkan langsung oleh H. Fajar Adhi Nugroho Kepala Bagian Tata Usaha pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Senin (23/02/2021).

Bantuan peralatan dan buku tersebut diterima secara simbolis oleh Kepala Kankemenag Kab. Pekalongan, menurut Kepala Kankemenag Kab. Pekalongan H. Kasiman Mahmud Deskyi, nantinya sangatlah efektif dalam meningkatkan kinerja pelayanan penyelenggaraan ibadah haji dan umroh di Kantor Kemenag Kabupaten Pekalongan.”tuturnya.

“Scanner Siskohat, merupakan sarana menumbuh kembangkan sistem pendataan pelayanan haji yang bersifat manual ke arah automasi melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi,” jelasnya.

Menurut Adi Nugroho Kabag Tu Kanwil Kemenag Jateng, mengatakan dukungan siskohat mencakup pendaftaran dan penyimpanan database jamaah serta petugas, pemrosesan dokumen paspor dan pemvisaan, penerbitan DAPIH, pembayaran BPIH oleh BPS BPIH secara online, pelaksanaan sistem akuntansi BPIH, penyusunan pramanifest kloter, monitoring penerbangan, pemantauan kesehatan haji, serta pemantauan operasional haji di Tanah Air dan di Arab Saudi.

“Intinya, nanti kita tidak perlu lagi menyimpan banyak berkas sebagaimana selama ini. Semua berkas cukup dikirim melalui peralatan scanner yang telah ada,” ujarnya. (hfr/bd)