Rakor FKG, KKG, dan MGMP PAI Bangun Sinergitas

 

Wonosobo – Hari ini menjadi hari penting bagi Seksi PAIS Kantor Kemenag Wonosobo, sebab  Rapat koordinasi dilaksanakan oleh Seksi PAIS untuk mensinergikan forum-forum guru dalam menyampaikan pembinaan dan pengarahan. Antusias peserta luar biasa hadir 30 peserta dari pengurus FKG KKG MGMP dan Pengawas Pendidikan Agama Islam setia mengikuti acara ini dari awal hingga akhir, di RM. Wonoboga. (21/2).

Kepala Seksi PAIS Fakih Khusni, menyampaikan bahwa rapat koordinasi ini dilaksanakan untuk pembahasan mengenai inovasi aplikasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, sosialisasi juknis pelaksanaan ujian, pembinaan organisasi profesi guru dan progress program Tahfidz dan tadarus Al-Qur'an untuk peserta didik pada sekolah umum di Kabupaten Wonosobo.

Kakankemenag Wonosobo Ahmad Farid dalam sambutan pengarahannya menyampaikan bahwa visi Kementerian Agama terhadap ketaatan beragama bagi warga negara diperlukan keteladanan bagi ASN Kemenag dalam pemahaman beragama. 

Dakwah agama Islam melalui pembelajaran pendidikan Agama Islam adalah tugas utama dan mulia yang pasti akan menjadi kebaikan dan bernilai ibadah. 

Pelaksanaan tugas yang efektif dan tindak lanjut atas keberhasilan dalam pembelajaran agama Islam, dengan waktu yang terbatas di sekolah menjadi tantangan bagi guru membuat program pembelajaran yang efektif pada peserta didik. Kepiawaian guru dalam penyampaian materi pembelajaran menjadi hal yang urgent dalam implementasikan materi keislaman.

“Disinilah kompetensi guru diuji bahwa dalam melaksanakan tugas mulia waktu yang terbatas bukan menjadi halangan tetap semangat mencari solusi dengan gunakan aplikasi pembelajaran yang efektif melalui media. Selain hal tersebut Guru juga dituntut memiliki kompetensi sosial yang tersinergikan melalui komunikasi yang baik dengan semua pihak dengan keramahan dan kesantunan guru saat menjalin komunikasi dan interaksi,” jelas Farid. 

Wonosobo daerah yang subur dan religius, anugerah istimewa ini hendaknya kita rawat dengan baik. Melalui pendidikan agama Islam yang disampaikan guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kepada peserta didik menjadi langkah strategis pemahaman moderasi beragama. 

Berkesempatan pada acara rapat koordinasi ini Farid sampaikan taaruf perkenalan di hadapan para pengurus FKG, KKG, dan MGMP Farid sangat bahagia dapat membersamai guru-guru Pendidikan Agama Islam dalam Rapat Koordinasi ini.

“Guru adalah sosok hebat yang luar biasa dalam memberikan pemahaman beragama kepada generasi masa depan yang berakhlak mulia, cerdas dan moderat dalam beragama,” harap Farid.

Beberapa hal disampaikan oleh peserta bahwa guru Pendidikan Agama Islam yang belum PNS dapat diberi kesempatan menjadi P3K atau dapat segera diperjuangkan untuk mengikuti PPG dan dapat sertifikasi, hal ini hendaknya mendapatkan perhatian semua pihak dalam menyikapi jumlah ketersediaan tenaga pendidik yang pensiun dan yang diangkat tidak sebanding ungkap Guru Paimin dan Aziz. 

Dalam rangka persiapan ujian akhir semester dimohon kepada para pengawas dan guru PAI untuk segera berkoordinasi dengan Kepala Sekolah untuk segera mempersiapkan ujian tersebut, ujar Fakih. FK WS/qq