Rakor Penyelesaian Dokumen Haji Tahun 2021

Wonosobo – Mengawali persiapan keberangkatan Haji 2021 Kantor Kemenag Wonosobo menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penyelesaian Dokumen Haji Tahun 2021. Dengan kegiatan ini diharapkan seluruh dokumen jama'ah untuk tahun keberangkatan 2021 dapat terpenuhi dan terselesaikan dengan baik, hal ini mensikapi “Tiga Opsi Pemberangkatan Haji Dimasa Pandemi Covid19” yang disampaikan Menag. Acara ini digelar di Aula KanKemenag Wonosobo (17/2)

Dalam kesempatan ini Kasi Haji dan Umrah menyerahkan SK Pemutihan Izin Penyelenggaraan Bimbingan Ibadah Haji kepada Pimpinan KBIH Gema Arofah, KBIH Al-Mansur, KBIH Ar-Rohmah  dan KBIH Umul Quro'. Hadir dalam rapat koordinasi ini Kasi Haji Umroh Dwi Subrata, serta pengelola Haji Umroh Kemenag Wonosobo Muhasyim dan Iercham N, dari rekan seksi Haji Umroh Wonosobo hadir juga pimpinan KBIH dan Majelis Taklim Manasik Haji 25 peserta dengan menerapkan protokol kesehatan.

Menjadi harapan kita bersama semoga tahun 2021 jama'ah haji dapat diberangkatkan sesuai porsi tahun keberangkatan jama'ah. Kepala Seksi Haji dan Umrah Kankemenag Wonosobo Dwi Subrata dalam sambutannya menyampaikan bahwa rapat koordinasi ini dilakukan untuk mengkomunikasikan jama'ah haji tahun keberangkatan 2021. Kesiapan dokumen jama'ah haji kita persiapkan lebih awal sembari menunggu keputusan pemerintah tentang keberangkatan haji tahun ini.

“agenda ini kami lakukan dalam rangka persiapan tiga opsi dari Menag, dan mengenai pelimpahan nomer porsi, pembatalan dan penundaan keberangkatan dan lainnya dapat terselesaikan semuanya dengan baik dan tepat, sehingga ketika diperlukan untuk proses keberangkatan tidak ada yang terserak tercerai berai. Juga mengenai kesiapan dokumen paspor jama'ah haji jika ada yang hilang atau sudah lewat masa berlaku paspor, mohon jama'ah untuk segera menyelesaikannya dibantu KBIH tempat jama'ah menerima dan mengikuti Bimbingan Ibadah Haji,” sambut Dwi Subrata.

Melalui Rapat Koordinasi ini Kepala Kantor secara terpisah sampaikan bahwa Jama'ah Calon Haji harus mendapatkan materi Manasik haji baik di KUA atau KBIH atau Majelis Taklim.

“Terima kasih kepada pengurus KBIH dan Majelis Taklim yang telah bersama kami Kantor Kemenag Wonosobo memberikan pemahaman Manasik Haji kepada jama'ah calon haji. Kita bersinergi bersama-sama melayani jama'ah calon haji dalam memahami Manasik Haji dengan baik dimasa Pandemi Covid19 ini sesuai dengan anjuran dan perintah Menteri Agama,” ungkap Farid.

Dalam sesi tanya jawab dalam rakor kali ini pertanyaan baik dari Fakih Khusni peserta utusan dari Majelis Taklim Masjid Abudardiri Wonosobo Jawa Tengah, beliau mengharapkan rapat koordinasi intens dilakukan untuk silaturrahmi dan komunikasi antar Pengurus KBIH dan Majelis Taklim dengan Seksi Haji dan Umrah. Karena hampir semua jama'ah calon haji telah mengikuti bimbingan di KBIH dan Majelis Taklim, dengan intens rapat seperti ini informasi dan komunikasi akan terjalin dengan baik untuk bersama-sama memberikan pelayanan terbaik kepada jama'ah haji Kabupaten Wonosobo, demikian tambah Fakih Pengasuh Majelis Taklim Manasik Haji Masjid Abudardiri Wonosobo. PS_WS/qq