Taaruf Dengan KBIH, Kemenag Jalin Sinergitas

Kendal – Forum Kelompok Bimbingan Haji (KBIH) kabupaten Kendal mengadakan pembinaan sekaligus ta’aruf dengan Kepala Kemenag setempat, H. Mahrus yang baru dilantik bulan lalu. Berlangsung di rumah makan Lumintu, Senin (15/02) Kepala Kemenag Kendal hadir didampingi Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah.

Dalam sambutannya kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Kendal, H. Mahrus menyampaikan bahwa dengan terlaksananya kegiatan ini diharapkan terjalin sinergitas antara Kemenag dan KBIH sehingga informasi terkait jamaah haji maupun umrah dapat tersampaikan dan diterima baik oleh masyarakat.

“Diharapkan ada sinergi antara Kemenag dan KBIH setempat dalam meningkatkan layanan kepada jemaah haji,” ujar Mahrus.

Sebelumnya, pemberangkatan jemaah haji asal Indonesia 2020 dibatalkan mengingat pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia dan Arab Saudi. Keputusan tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Agama RI No. 494 Tahun 2020. Kendati demikian pemerintah Arab Saudi kini telah membuka kembali masuknya wisatawan untuk melaksanakan umrah, diketahui sekurangnya 600 jamaah umrah asal Indonesia tengah menunggu jadwal kepulangannya ke tahan air.

Menanggapi hal tersebut H. Mahrus membenarkan bahwa belum ada keputusan terkait keberangkatan jamaah haji tahun 2021, namun Kementerian Agama masih mempersiapkan 3 opsi penyelenggaraan ibadah haji di saat yang penuh ketidakpastian ini, meliputi pemberangkatan dengan kuota penuh, kuota terbatas, dan tidak ada pemberangkatan haji.

“Untuk skema pertama, maka kuota haji akan kembali normal. Jemaah haji yang batal keberangkatannya pada 2020 akan diberangkatkan pada 2021. Skema kedua, apabila Covid-19 belum sepenuhnya hilang yakni akan dilakukan pembatasan atau pengurangan kuota. Dan apabila wabah Covid-19 belum tertangani, maka kemungkinan pemberangkatan jemaah haji terpaksa ditunda lagi,” paparnya.

Sebagai lembaga sosial keagamaan yang bertugas melaksanakan bimbingan terhadap jamaah haji, KBIH diminta supaya dapat menyampaikan informasi dan regulasi tersebut kepada masyarakat. Hal senada disampaikan Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, Nur Qoidah yang turut hadir dalam acara tersebut.

“Mengingat banyaknya calon jamaah haji yang menunggu informasi keberangkatan haji tahun ini, kita selalu berkoordinasi dengan KBIH yang nantinya menjembatani dalam penyampaian informasi terkini terkait regulasi haji dan umrah,” terang Nur Qoidah. (Ja/bel/rf)