Verifikasi PAUDQU Anwarut-Tauhid oleh Tim Visitasi KanKemenag Kab.Wonosobo

Wonosobo – Menindaklanjuti proposal permohonan ijin pendirian PAUD Al-Qur’an Tim Verifikasi dari Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Selasa (9/2) mengadakan Supervisi dan Verifikasi lokasi pendirian PAUD Al-Qur’an Al-Hidayah di Kecamatan Wadaslintang sebagai salah satu mekanisme yang harus dilakukan dalam penerbitan Ijin Operasional.

Tim Verifikasi Kementerian Agama yang hadir adalah, H Imron Awaludin, PLT Kasi  PD Pontren Kankemenag Wonosobo beserta Tim Verifikasi  dan di terima M. Azwar Hidayat selaku Kepala PAUD Al-Qur’an Al Hidayah, yang kemudian langsung mengadakan pengecekan atau verifikasi ke lokasi madrasah yang mengajukan proposal ijin pendirian.

Hasil verifikasi lapangan menurut Imron Awaludin sebagai bahan pertimbangan untuk menerbitkan ijin operasional pendirian PAUD Al-Qur’an sebagai amanat dari keputusan nomor 91 tahun 2020, Dirjen Pendidikan Islam, tentang juknis Pendirian Lembaga Pendidikan Al-Qur’an, dia  berharap dengan diterbitkanya Ijin Operasional PAUD Al-Qur’an akan mempunyai legalitas dan profesionalitas lembaga pendidikan tersebut untuk bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat semakin tinggi.

“Untuk itu, pada hari ini Tim Kemenag Wonosobo akan melakukan verifikasi kelapangan mengenai persyaratan teknis dan administratif yang harus di penuhi sesuai dengan pesyaratan yang telah ditetapkan. Dan berdasarkan hasil kelayakan ini nantinya akan digunakan sebagai rekomendasi untuk penerbitan izin operasional Lembaga Pendidikan Al-Qur'an dimaksud,” jelas Imron

Sementara Kepala PAUD QU Al-Hidayah menyambut gembira atas kedatangan tim verifikasi Kemenag Wonosobo, pihaknya telah mempersiapkan segala persyaratan yang diperlukan  oleh tim verifikasi dalam menilai dan memverifikasi kelengkapan berkas sebagai syarat keluarnya izin operasional PAUD QU yang diusulkan. “Mudah-mudahan semua adminsitrasi lengkap dan lembaga kami layak diberikan izin operasionalnya,” tambah Imron.

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Al-Qur’an yang beberapa lalu telah dilaunching oleh kemenag RI di Pondok Pesantren An-Nuur Kalierang Kabupaten Wonosobo merupakan lembaga pendidikan formal yang lebih memfokuskan pada pelajaran mendengar dan membaca Al Qur’an. Salah satu fokus ajaran di PAUD Al Qur’an adalah mendengarkan bacaan huruf hijaiyah, menirukan bacaan huruf hijaiyah, melafadzkan huruf hijaiyah, membaca huruf hijaiyah, menghapal huruf hijaiyah, mengenal dan menulis huruf hijaiyah, menghafal surat-surat pendek, mengenal kalimat thoyibah, mengenal asmaul husna serta do’a-do’a harian. PS-WS/qq