Aura Karima Raih Medali Perak Banin Olympiad Of Science SD/MI

Kendal – Pandemi tidak berarti sunyi tanpa prestasi, Aura Karima yang akrab disapa Rara, siswa kelas 5 MIN 1 Kendal di bawah bimbingan guru yang tulus dan ikhlas, akhirnya berhasil meraih medali perak pada Banin Olympiad of Science SD/MI Tingkat Jawa Tengah dan DIY.

Ditemui di ruang kerjanya, Selasa (02/03) Sulistyorini selaku guru pembimbing menuturkan, salah satu faktor keberhasilan peserta didik yang dibimbingnya adalah adanya pengayaan materi dan latihan soal. Selain itu, juga perlu pendekatan secara personal kepada anak dan orangtuanya,  agar pengkondisian anak secara teknik dan mental bisa berjalan sinergi,  baik di Madrasah maupun di rumah.

“Contoh, Rara sendiri kadang saya ajak ke rumah untuk belajar. Jadi, belajarnya tidak hanya di  Madrasah, tetapi juga ke rumah saya. Kadang kalau dia kesulitan dalam hal menjawab soal,  bisa telpon atau kirim WA ke saya,” terangnya.

Sementara itu keluarga dan orangtua sangat mendukung, terlebih saat mengikuti olimpiade.  Trisni Marhaeni, ibu kandung Rara mengakui bahwa keberhasilan putrinya tak luput dari bimbingan para guru.

“Keberhasilan anak didik sejatinya adalah keberhasilan bapak/ibu guru yang dengan sabar membimbingnya, serta dukungan dari kepala Madrasah yang selalu memotivasinya,” ucapnya dengan senyum.

Rara sendiri, saat mendapatkan kabar dirinya meraih medali perak merasa bersyukur dan bangga bahwa usaha yang dilakukan selama ini membuahkan hasil.

“Alhamdulillah, saya bisa meraih medali perak. Saya senantiasa berdo'a dan rajin mengikuti bimbingan olimpiade dengan bu Sulis dan bu Iin. Tiada hari tanpa mencoba mengerjakan soal-soal latihan IPA di rumah.  Jika tidak bisa menjawab langsung menanyakan kepada ibu guru pembimbing. Alhamdulillah, kedua pembimbingku begitu sabar membimbing saya,” tutur Rara.

Guna memperkaya khasanah keilmuan dan menambah jam terbang, siswa siswi berprestasi MIN 1 Kendal didorong untuk aktif mengikuti olimpiade baik tingkat provinsi maupun nasional. Melalui bimbingan para guru siswa diberikan latihan soal untuk menguasai materi yang akan dilombakan. (sby/bel/rf)