Baznas Wonosobo Lakukan Sosialisasi Optimalisasi Pengumpulan Zakat

Wonosobo (Humas) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Wonosobo bekerjasama dengan Kemenag Kabupaten Wonosobo dan Pemda Kabupaten Wonosobo selenggarakan Sosialisasi optimalisasi pengumpulan zakat, yang dilaksanakan pada Rabu, (10/3) di Ruang pertemuan Kantor PDAM Kabupaten Wonosobo.

Sosialisasi Optimalisasi Pengumpulan Zakat dihadiri oleh Seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Lingkungan Pemda Kabupaten Wonosobo. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor Kemenag Kab. Wonosobo yang diwakili oleh Penyelenggara Zakat dan Wakaf menyampaikan, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wososobo memiliki Empat peran dalam pengelolaan zakat.

“Peran Pemerintah dalam hal ini Kantor Kemenag Wonosobo dalam pengelolaan Zakat ada empat yaitu sebagai Regulator, Motifator, Fasilitator, sekaligus Koordinator,” ungkap Nawawi Kasi Penyelenggara Zawa Kemenag Wonosobo.

Pihaknya menambahkan, peran-peran tersebut harus disesuiakan dengan kondisi kekinian dalam membangun paradigma baru pemberdayaan zakat dan wakaf sesuai tantangan zaman dan arus baru pengembangan ekonomi syari’ah.

Selanjutnya dalam kesempatan tersebut, Penyelenggara zakat dan wakaf menyampaikan, pengumpulan Zakat Gaji, Tukin, TPG, Jaspro ASN Kementerian Agama Kab. Wonosobo tahun 2021 capai 200 juta rupiah.

Banyaknya Nominal yang sudah dikumpulkan hingga bulan maret tersebut mendapat apresiasi dari Kan Kemenag Wonosobo yang berhalangan hadir lantaran tengah mengisi materi di Kegiatan lain dilokasi berbeda.

Ahmad Farid, Selaku Ka Kan Kemenag menyampaikan Zakat merupakan Ibadah, juga sebagai kewajiban bagi setiap insan Tuhan Khususnya Muslim untuk menyisihkan sebagian yang dimiliki untuk kemaslahatan umat terlebih bagi yang membutuhkan.

“Kehadiran Baznas diharap mampu dirasakan oleh komponen masyarakat secara nyata. Untuk hasil pengumpulan zakat diharap dalam pendistribusiannya bisa merata,” ungkap Ahmad Farid.

Pihaknya menambahkan Zakat merupakan bentuk rasa syukur atas segala sesuatu yang diperoleh dari Tuhan. Zakat juga perlu direfleksikan sebagai suatu budaya kepedulian terhadap sesama sebagai makhluk social. PS-WS /qq