Bimtek Penyusunan Soal Ujian Madrasah

Wonosobo (Humas) – Jelang Ujian Madrasah, Seksi Pendidikan Madrasah (PENMA) Kemenag Wonosobo gelar bimbingan teknis (Bimtek) penyusunan soal ujian Madrasah. Bimtek tersebut dilaksanakan di Aula Warkom NU Kertek, pada Rabu, (3/3) Tadi.

Adapun Peserta yang hadir yakni kurang lebih 30 Peserta dengan tetap mengindahkan protocol kesehatan. Selain Peserta yang Hadir, Acara juga di hadiri oleh Kepala Kemenag Kabupaten Wonosobo Ahmad Farid dan Kasi Penma Totok Jumantoro.

Dalam bimbingannya Totok Jumantoro mengatakan, Bimbingan Teknis penyusunan soal ujian Madrasah dilakukan di tengah Pandemi dengan tetap mengindahkan Protokol Kesehatan.

“meskipun pandemi ini membuat beberapa kegiatan pertemuan tatap muka dibatasi, tetapi bimtek ini tetap harus di lakukan, oleh karena itu peserta yang hadir memang kita batasi jadi 30 peserta dengan tetap mematuhi protocol kesehatan,” ungkap Kasi Penma Kemenag.

Pihaknya juga menyampaikan, tujuan diadakannya bimtek penyususnan soal ujian Madrasah yakni untuk memberikan pemahaman yang sama sekaligus pedoman dalam penyususnan soal ujian.

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini tidak lain yaitu untuk memberikan pedoman kepada peserta dalam penyususnan soal ujian. Karena soal ujian ini merupakan salah satu bentuk penilaian kepada peserta didik. Untuk itu saya berharap, dalam bimtek kali ini nantinya guru maupun peserta yang hadir dapan mengembangkan pedoman penyusunan soal sebagai acuan dalam penyusunan soal ujian Madrasah,” Imbuhnya.

Selanjutnya, dadir dalam Bimtek Kepala Kemenag Wonosobo, Ahmaf Farid dalam Arahannya mengatakan, Konsistensi Tenaga didik dalam memberikan Pembelajaran harus diPerhatikan.

“Meskipun Pembelajaran sampai dengan saat ini masih menerapkan system pembelajaran Jarak Jauh atau Daring, saya harap sebelum Ujian Madrasah nanti, tenaga didik tetap konsisten dalam memberikan pelajaran kepada anak didik. Silahkan berinofasi bagaimana caranya tetap memberikan pembelajaran yang efektif terhadap seluruh siswa,” terang Kepala Kemenag Wonosobo.

Pihaknya juga mengatakan, situasi saat ini masih dibatasi dengan adanya pandemic. Hal tersebut nanti juga akan berpengaruh kepada pelaksanaan ujian Madrasah.

“Karena sampai dengan saat ini Pandemi tetap masih melanda, hal tersebut tentunya akan berimbas ke segala lini dan kegiatan. Termasuk pelaksanaan Ujian Madrasah. Nanti aka dipastikan apakah Ujian Madrasah ini akan dilaksanakan secara Daring maupun Luring. Kita tetap harus mempertimbangkan situasi dan kondisinya,” imbuhnya.

Adapun Pelaksanaan Ujian Madrasah tahun 2021 rencara akan di laksanakan pada Bulan Maret Sampai dengan Bulan April mendatang dan PAT atau penilaian Akhir Tahun pada Juni Mendatang. Ps-ws/qq