Bupati Wonosobo Minta Jamaah Calon Haji Bersabar Menunggu Kepastian Pemberangkatan Haji

Wonosobo – Bupati Wonosobo lakukan pembukaan kegiatan penerbitan pembaruan paspor bagi jamaah haji Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kab. Wonosobo tahun 2021, dengan mengguankan layanan EAZY Paport sinergi dengan Kantor Imigrasi (Kanim) Kab. Wonosobo. Kegiatan penerbitan pembaruan paspor tersebut dilaksanakan secara outdoor yakni di halaman depan ruang rapat Kankemenag Wonosobo pada, Kamis (18/3), hal tersebut dilakukan guna memperhatikan protokol kesehatan ditengah pandemi.

“Acara pembukaan dilakukan diluar ruangan, sementara untuk pengambilan foto dilakukan di ruang rapat secara bergantian. Acara yang diselenggarakan secara outdoor diharapkan dapat meminimalisir persebaran covid19.” Ungkap Irham selaku JFU bidang data seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (Seksi PHU).

Selanjutnya dalam pembukaan dan sekaligus peresmian program layanan Eazy Passport tersebut, Bupati Wonosobo Afif Nur Hidayat dihadapan tiga puluh dua calon jamaah haji menyampaikan, melihat kondisi pandemi yang masih melanda, jamaah diminta lebih sabar untuk menunggu jadwal pemberangkatan haji ke tanah suci.

“kita harus lebih optimis dan sabar. Pada saatnya ketika keadaan sudah aman dari Covid19 dan pemerintah arab Saudi sudah selesai melakukan sterilisasi, jamaah semuanya insyaallh akan bisa ke tahan suci untuk menunaikan ibadah haji,” ucap Afif Nur Hidayat.

Pihaknya menambahkan, jika sudah direstui oleh Allah SWT untuk menapakkan kaki ke tahan suci, pasti akan dibukakan jalan dan diberikan kemudahan. Salah satu kemudahan yang Allah berikan yaitu melalui Sinergitas lintas Kankemeng Kab. Wonosobo dengan Kanim Kab. Wonosobo yakni untuk melayani calon jamaah haji dalam pengurusan paspor langsung di Kankemenag Kab. Wonosobo.

“melalui inovasi dan terobosan tersebut, bapak ibu tidak perlu jauh-jauh datang ke Kanim Wonosobo, cukup datang ke Kankemenag Kab. Wonosobo. Itu merupakan salah satu kemudahan yang digagas untuk melakukan pelayanan secara optimal,” imbuh Bupati Wonosobo.

Sementara itu, Kepala Kankemenag Kab. Wonosobo (Kakankemenag) Ahmad Farid menyampaikan, pembaruan pembuatan atau penerbitan paspor merupakan salah satu langkah persiapan Kankemenag sebelum pemberangkatan haji.

“meski belum tahu jadwal pemberangkatannya akan dilakukan kapan, tidak ada salahnya jika dilakukan persiapan secara matang. Salah satu persiapan yaitu dengan pembuatan paspor,” jelas Ahmad Farid.

Pihaknya menyampaikan selain pembuatan paspor, langkah persiapan lainnya yakni terkait vaksinasi jamaah calon haji. ps-ws/qq