Dua Siswi MTs di Kudus, Jawa Tengah Raih Prestasi Membanggakan Ditingkat Internasional

Kudus (Humas) – Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta'in Ahmad menyampaikan selamat atas prestasi yang membanggakan dua siswi MTs NU Banat Kudus ditingkat internasional. Berkat Game of Hajj, sebuah game edukatif bertema haji, keduanya meraih medali emas di ajang Asean Innovative Science Environmental Entrepreneur Fair (ASEEF) tahun 2021. Dua siswa ini merupakan siswi kelas VIII yakni Syatta Imityaaz Thuvaila dan Dea Maulina Zukhrufa. Mereka meraih medali emas dan special award yang diumumkan pada 23 Februari 2021.

“Terimakasih atas prestasi yang telah diraih MTs NU Banat Kudus ditingkat Internasional, hal ini salah satu wujud keberhasilan pendidikan di Madrasah dan membawa nama harum Jawa Tengah. Selamat dan sukses untuk ananda Syatta Imityaaz Thuvaila dan Dea Maulina Zukhrufa, terus berkreatifitas dan berinovasi. Tunjukkan bahwa Madrash Hebat, Madrasah Bermartabat dan Madrasah Mendunia,” ucap Musta'in Ahmad saat dimintai keterangan oleh Tim Humas atas prestasi ini Kamis (25/3).

Lomba ini diikuti oleh 450 peserta dari 20 negara yang dilaksanakan secara online pada 18 – 22 Februari 2021. Salah satu siswi, Syatta mengatakan permainan yang dibuatnya tentang edukasi mengenai pelaksanaan haji.

“Game of Hajj ini adalah game edukasi tentang pelaksanaan haji,” kata Syatta saat dihubungi Tim Humas melalui wa, Selasa (23/3/2021).

Syatta menuturkan Game of Hajj ini dibuat untuk mempermudah siswa dalam pembelajaran tentang haji. Karena saat praktek membutuhkan tempat yang luas hingga ada replika tentang haji. Maka dia bersama temannya menciptakan permainan tentang haji.

“Alasannya kita membuat Game of Hajj adalah karena Madrasah mempunyai beberapa kendala dalam memberikan pembelajaran tentang pelaksanaan haji atau manasik haji, seperti membutuhkan tempat yang luas dan replika tempat-tempat penting dalam haji,” terangnya.

“Tujuan mempermudah siswa pembelajaran tentang haji dengan cara yang menyenangkan,” lanjut Syatta.

Syatta mengatakan game tersebut nantinya bisa didownload di HP. Menurutnya ada sejumlah pilihan yang bisa dipelajari di game tersebut. Mulai dari jumrah, sa'i, hingga thawaf.

Game ini bisa didownload dismartphone. Dalam game ini kita bisa memilih bab apa yang ingin dipelajari, seperti bab jumrah, sa'i, thawaf dan lainnya. Setelah kita memilih bab yang ingin dipelajari,” kata dia.

Tidak hanya itu, di fitur Game of Hajj tersebut juga terdapat suara hingga gambar yang ditampilkan sangat menarik. Sehingga siswa dapat memahami tentang pelaksanaan haji lebih mudah.

“Kita akan diberikan penjelasan rinci disertai dengan voice over dan sound effect, serta gambar animasi menarik yang kita buat sendiri dengan bimbingan dari SMK RUS. Di dalam game ini juga terdapat kuis terkait penjelasan yang sudah diberikan,” ucapnya.

Keberhasilan ini adalah keberhasilan bersama. Tidak lepas dari guru pembimbing, orang tua, dan masyarakat. Prestasi-prestasi Madrasah yang telah diraih diberbagai ajang lomba menunjukkan bahwa madrasah memang hebat, madrasah bermartabat dan dengan raihan prestasi di tingkat internasional juga menunjukka madrasah juga mendunia. qq